Ekonomi

Bupati Tapsel ‘Ulosi’ Mendag RI pada Sibolga Expo

TAPSEL, FaseBerita.ID – Bupati Syahrul M Pasaribu didampingi Kadis Perdagangan dan UKM Tapsel Ahmad Raja Nasution, ‘mangulosi’ Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita, di lapangan Simare-mare, Senin (25/3) malam.

Hal itu merupakan bentuk sambutan kehormatan secara adat Tapsel, atas kunjungan Bapak Menteri di stand Pemkab Tapsel, pada pembukaan Sibolga Expo dan Pekan Ulos dan Tenun dalam rangka Hari Jadi Kota Sibolga.

“Menteri Enggartiasto Lukita mengucapkan terimakasih atas sambutan hangat Pemkab Tapanuli Selatan, seraya berucap, kiranya hasil tenun dan ulos Sipirok bertambah eksis ke depan,” ungkapnya.

Diungkapkan Bupati, ulos dan tenun asal Sipirok merupakan karya perajin lokal yang sudah sejak lama di kenal baik secara Nasional bahkan ke manca negara. Dan Pemkab Tapsel, senantiasa mendorong pertenunan untuk lebih kreatif dan inovatip lagi kedepan.

Baca: Ujicoba Pertanian tanpa Biaya, Karo Siapkan Lahan 98 Hektare

Diungkapkan Syahrul, Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita sangat tertarik dengan tenun dan ulos Tapsel. Apalagi, karya tangan penenun Sipirok itu, sudah pernah dikenakan Kahiyang puteri Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat pesta perkawainannya dengan Bobby Nasution.

“Ini contoh tenun dan ulos asal Tapanuli Selatan yang dipakai Kahiyang, ” sebut Syahrul menirukan apa yang disampsikan Menteri didampingi isteri di sela kunjungannya di stand Kabupaten Tapanuli Selatan, malam itu.

Bupati menjelaskan, Menteri begitu antusias dan mengapresiasi produk tenun dan ulos lokal Tapanuli Selatan (Sipirok). “Menteri perdagangan dan isteri serta rombogan sangat tertarik dengan berbagai varian motif ulos dan tenun Sipirok yang sudah pernah digunakan Kahiyang,” sebut Syahrul.

Pada kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan terimakasih kepada Pemko Sibolga yang telah berkenan mengundang Pemkab Tapsel, dan membuka stand pada Sibolga Expo dan Pekan Ulos dan Tenun (25-31 Maret) 2019 dalam menyemarakkan HUT Kota Sibolga tersebut. (ran)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close