Ekonomi

BRI Ventures Siap Dukung Pendanaan UMKM Rintisan Digital

FaseBerita.ID – PT BRI Ventura Investama (BRI Ventures), Corporate Venture Capital milik Bank BRI berkomitmen memberikan kemudahan akses permodalan awal untuk UMKM rintisan berbasis teknologi atau biasa disebut startup. Sejalan dengan hal tersebut, BRI Ventures meluncurkan Dana Ventura Sembrani Nusantara di Jakarta (24/06).

Melalui Sembrani Nusantara, BRI Ventures menargetkan pengumpulan dana investasi senilai Rp 300 miliar dari para investor yang akan disalurkan dalam bentuk penyertaan saham kepada startup di Indonesia. Investor tersebut dapat berasal dari pengelola dana investasi, perusahaan swasta atau BUMN. Sembrani Nusantara pun telah mendapatkan restu dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) RI.

“Dana Ventura dengan target investasi utama UMKM berbasis digital ini merupakan salah satu pionir di Indonesia. Kami sangat senang dapat menjadi bagian dari perkembangan industri modal ventura ini. Harapan kami, industri ini akan semakin terbuka kedepannya, sehingga makin banyak orang dapat mengerti lanskap digital, dan akhirnya bersama-sama bisa mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi digital,” ujar Nicko Widjaja, Chief Executive Officer (CEO) BRI Ventures dalam keterangan tertulis.

Kehadiran Dana Ventura Sembrani Nusantara diharapkan mampu mengakselerasi ekspansi startup lokal dengan menghadirkan produk atau jasa yang berbasis digital baik secara online maupun offline. Pendanaan akan difokuskan untuk seed-growth stage yang terdiri dari seed funding dan pendanaan awal Seri A (Series A).

“Filosofi investasi BRI Ventures adalah, “value over valuation” dimana fokus kami adalah mencari bisnis dengan fundamental yang kuat. Pendanaan akan disalurkan untuk startup yang sudah memiliki produk, menghasilkan pendapatan, dan memiliki strategi bisnis yang jelas menuju profit,” jelas Nicko.

Adapun sektor yang menjadi fokus utama Sembrani Nusantara adalah 5 sektor dengan sebutan EARTH, yaitu sektor Pendidikan (Education), agro-maritim (Agro-Maritime), ritel (Retail), transportasi (Transportation) dan Kesehatan (Health) di seluruh Indonesia. (JP)