Ekonomi

Bibit Bantuan Diduga Tak Sampai ke Petani

MADINA, FaseBerita.ID – Ada beberapa jenis bantuan bibit beserta pupuk, bantuan pemerintah yang bersumber dari APBN Tahun Anggaran 2018, untuk pertanian di Mandailing Natal.

Sementara pembagiannya, hasil dan pemetaan jenis pertanian di Madina masih menjadi persoalan. Bahkan, dugaan yang muncul bagi masyarakat petani, bantuan itu tak pernah dibagi.

Dari datang dan informasi yang dihimpun. Di antara bantuan dimaksud, ada sebanyak 425 Ton benih Padi Gogo untuk lahan seluas 17 ribu hektare di Madina.

“Itu tak pernah ada. Kalau pun ada, gak sampai 10 persen yang sampai ke petani. Dan itu juga seharusnya jelas, dari bantuan itu berapa hasil output panen petani yang bertambah. Nyatanya sampai saat ini, mereka hanya mengklaim hasil petani kita yang notabenenya tak pernah dapat bantuan,” kata Sulhan Nasution, pemerhati pertanian yang juga merupakan petani di Kecamatan Siabu, Senin (8/4).

Selain itu, bantuan pengadaan bibit manggis sebanyak 4 ribu batang, bibit pisang barangan sebanyak 10 ribu batang dengan pupuk 10 kilogram.



Pascasarjana

Unefa
1 2 3Laman berikutnya
Back to top button