Ekonomi

Berikut 5 Kategori Produk Online Paling Populer di Akhir Tahun

FaseBerita.ID – Selama masa pandemi Covid-19, kebutuhan sehari-hari masyarakat telah berubah. Begitu juga dengan pembelian di platform online yang juga terdapat perubahan perilaku para konsumen.

External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya mengatakan, berdasarkan data internal Tokopedia terdapat beberapa yang menjadi yang tertinggi transaksinya. Pertama adalah makanan dan minuman.

“Transaksi kategori makanan dan minuman meningkat lebih dari 3 kali lipat menjelang akhir tahun. Produk sembako lokal seperti madu, buah-buahan, telur, kopi lokal, keripik dan beras menjadi produk paling dicari masyarakat belakangan ini,” terang dia.

Kemudian, produk kesehatan juga meningkat lebih dari 3 kali lipat, di mana masker tetap menjadi produk yang paling diburu masyarakat. Begitu juga dengan produk perawatan hewan yang paling diminati masyarakat.

“Memelihara hewan ternyata menjadi hobi yang semakin naik daun. Ini mendorong peningkatan transaksi pada kategori perawatan hewan di Tokopedia menjadi lebih dari 3 kali lipat. Aquarium, makanan kucing, ikan dan anjing menjadi produk paling laris,” tambahnya.

Selain memelihara hewan, membaca pun semakin diminati selama pandemi. Terlihat dari peningkatan transaksi pada kategori buku lebih dari 2,5 kali lipat dengan buku pengembangan diri, karir, anak, novel non-fiksi hingga religi yang menjadi produk paling populer.

“Pertukangan juga, tingginya aktivitas di rumah mendorong masyarakat merenovasi rumah. Terlihat dari peningkatan transaksi kategori lertukangan yang mencapai lebih dari 2,5 kali lipat. Kertas dinding, pompa angin, serta perlengkapan listrik seperti adaptor dan stop kontak merupakan produk yang paling diminati,” imbuhnya.

Kata dia, pihaknya akan terus berkomitmen untuk bisa hadir dalam membantu masyarakat beradaptasi menghadapi perkembangan era melalui teknologi, terutama di tengah pandemi. Di mana kolaborasi dengan para mitra strategis akan terus ditingkatkan. “Demi menciptakan inovasi terbaik yang bisa mempermudah kehidupan masyarakat,” pungkasnya.

Sebagai informasi, pertumbuhan jumlah pengguna aktif bulanan Tokopedia telah mencapai lebih dari 100 juta, meningkat lebih dari 10 juta jika dibandingkan sebelum pandemi. Saat ini juga ada lebih dari 9,9 juta penjual di Tokopedia yang hampir 100 persennya UMKM. Artinya, ada kenaikan sebesar lebih dari 2,7 juta dari 7,2 juta penjual sejak sebelum pandemi Januari lalu. (jp)

USI