Ekonomi

Belum Beroperasi, Pasar Sioldengan Rantauprapat Terkesan Tidak Terawat

RANTAUPRAPAT, FaseBerita.ID – Pasar Sioldengan Rantauprapat yang berada di Kelurahan Sioldengan, Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu terkesan tidak terawat.

Pantauan wartawan di lokasi, Kamis (17/9/2020) siang, cat dinding gedung pasar Sioldengan tersebut terlihat telah mengelupas. Dan tidak ada satupun security atau penjaga yang terlihat di kawasan pasar itu. Meskipun, pagar dalam keadaan terkunci.

Diketahui, Pasar Sioldengan Rantauprapat yang direncanakan menjadi pasar tradisional semi modern tersebut, mulai dibangun masa kepemimpinan Bupati Pangonal pada tahun 2017 untuk mengurangi ke semerawutan Pasar Gelugur Rantauprapat.

Terakhir tahun 2019, Pemkab Labuhanbatu menganggarkan proyek pembangunan pagar dan timbunan pada Pasar Sioldengan yang bernilai Rp 2 Miliar lebih dan telah selesai.

Namun, hingga kini pasar yang terdiri dari ratusan kios dan meja pedagang tersebut belum juga beroperasi.

Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Labuhanbatu Chairuddin, beberapa waktu lalu sempat mengatakan bahwa Pasar Sioldengan Rantauprapat direncanakan akan beroperasi di bulan Juni 2020. Namun nyatanya belum juga diresmikan.

Uniknya, saat dikonfirmasi kembali melalui selulernya, Plt Kadis Perindag enggan memberikan penjelasan terkait kapan beroperasinya Pasar Sioldengan tersebut.

Terpisah, Ketua LSM Pelopor Labuhanbatu Syaiful Bahri Ritonga SH meminta Plt Kepala Dinas Perindag Labuhanbatu agar transparan memberikan informasi kepada publik terkait Pasar Sioldengan tersebut.

Karena menurutnya, pada masa sekarang ini tidak ada yang perlu disembunyikan. Termasuk, anggaran perawatan pasar Sioldengan Rantauprapat itu sendiri.

“Kalau Pasar Sioldengan Rantauprapat terlihat kurang terawat, patut kita pertanyakan anggaran perawatannya per tahun oleh Dinas Perindag Labuhanbatu,” sebutnya.

Syaiful berharap kepada pemerintah daerah Kabupaten Labuhanbatu agar segera membuka pasar Sioldengan tersebut, sebelum fasilitas di dalamnya semakin rusak.(bud/fi)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button