Ekonomi

Bank Sumut Jadi “Role Model” Bank Syariah di Indoensia

FaseBerita.ID – Bank Sumut saat ini menjadi role model bagi bank syariah di seluruh Indonesia dalam memberikan fasilitas bagi jemaah haji dan mendapatkan apresiasi dari Kementerian Agama Republik Indonesia (RI).

“Hal tersebut karena merupakan bank pertama dan satu-satunya yang memberikan fasilitas manasik haji secara gratis, mulai dari penjemputan dan kepulangan di daerah serta manasik haji dikumpulkan di Asrama Haji Medan,” ujar Direktur Utama Bank Sumut, Muchammad Budi Utomo, saat memberikan kata sambutan di acara manasik haji, Sabtu (22/6).

Ia menjelaskan, selain fasilitas manasik haji tentunya banyak fasilitas lainnya yang akan diberikan yaitu bakal seragam batik haji, kain ikhram serta mukena, tas, handuk kecil, kantungan batu, payung dan uang Riyal Arab Saudi sebesar 100 Sar.

“Uang Riyal Arab Saudi yang diberikan telah dikonversi ke mata uang Rupiah yang akan kami transfer ke rekening tabungan jemaah masing-masing,” jelasnya.

Ia menuturkan, kegiatan Manasik Haji Bank Sumut dilaksanakan selama dua hari berupa teori dan praktik ibadah haji untuk memberikan bekal awal pengetahuan tentang penyelenggaraan, pelaksanaan, menjaga kesehatan dan keselamatan dalam pelaksanaan ibadah haji nantinya di tanah suci.

”Dengan adanya kegiatan manasik haji ini maka diharapkan para jamaah calon haji memahami makna yang terkandung dalam setiap ibadah haji sehingga nantinya para jamaah calon haji mempunyai pemahaman, mampu dan mandiri dalam menjalankan ibadah haji dengan khusuk dan benar untuk mencapai haji yang mabrur,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, Bank Sumut telah melaksanakan Kegiatan Manasik Haji ini sejak tahun 2006 dengan nasabah yang ikut serta sebanyak 123 orang, dan terus meningkat setiap tahunnya.

“Pada tahun ini nasabah Bank Sumut pemilik Tabungan Makbul yang akan menunaikan ibadah haji dan mengikuti manasik haji akbar ini sebanyak 2.094 orang, meningkat sebesar 5,17 persen dibandingkan tahun 2018 yang berjumlah 1.991 orang. Jumlah ini adalah 25,06 persen dari total jamaah haji yang berangkat dari Sumatera Utara,” ungkapnya. (ant/int)