Ekonomi

Bank Indonesia Gelar Bulan Inspirasi, Sinergi Membangun Ekonomi Digital

SIANTAR, FaseBerita.ID– Dalam rangka memeriahkan HUT ke-67 sekaligus menyambut HUT ke-75 Republik Indonesia, Kantor perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar menggelar kegiatan Webinar Bulan Inspirasi selama bulan Juli.

Acara ini mengusung tema “Membangun Ekonomi Digital di “Sisi Batas Labuhan” untuk Indonesia Maju”. Sisi Batas Labuhan artinya mencakup wilayah  Pematangsiantar, Simalungun, Batubara, Tanjungbalai, Asahan, Labuhan Batu Utara, dan Labuhan batu Selatan.

Kegiaan pertama te;ah slesai digelar pada Kamis (9/7) membahas tentang Peluang dan Tantangan Eonomi di Era New Normal dan dibuka secara resmi oleh Kepala KPw BI Sumut Wiwiek Sisto Widayat.

Dengan narasumber Kepala KPw BI Sumut Wiwiek Sisto Widayat, Wahyu Ario Pratomo SE Mec (regional economist North Sumatra), Yusup Ansori (Kepala OJK Regional  V), Drs Tiarta Sebayang MM (Kepala Kanwil DJPb Sumut), perwailan Pemko Siantar, dengan moderator Kepala KPw BI Siantar Edhi Rahmanto Hidayat. Acara yang berlangsung selama tiga jam lebih itu berjalan sukses.

Sebelumnya,  Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Siantar, Edhi Rahmanto Hidayat melalui media briefing dengan aplikasi Zoom pada Selasa (7/7) lalu  memaparkan sejumlah kegiatan yang akan dilaksanakan selama bulan Juli 2020 tersebut.

Edhi memaparkan, kegiatan yang akan dilaksanakan tersebut dimulai tanggal 9 hingga 23 Juli 2020.

“Ada beberapa kegiatan yang kita paparkan nantinya, yakni membahas tentang QRIS untuk pembayaran yang sehat dan aman di era new normal. Propspek dan peluang UMKM di era new normal, percepatan elektronifikasi transaksi Pemda untuk optimalisasi keuangan daerah, akses dan pembiayaan UMKM di era digital, peningkatan produktivitas klaster dalam mendukung ketahanan pangan,” jelasnya.

Kemudian, lanjutnya, memaparan tentang strategi UMKM memanfaatkan peluang ekspor dan penguatan ekonomi pesantren dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional serta bagaimana kiat sukses menuju UMKM digital.

“Kegiatan melalui aplikasi Zoom ini dibuka untuk umum dan yang ingin bergabung dapat mendaftar melalui link http://bit.ly/webinarbulan inspirasi. Atau informasi lebih lanjut bisa di  follow akun instagram:@bank_indonesia_kpwpms,” sebutnya.

Selain menyelenggaraan Webinar bulan inspirasi, Bank Indonesia juga menggelar lomba jurnalistik media cetak dan online. Kemudian lomba foto dan video terbuka untuk umum dengan total hadiah puluhan juta rupiah.

Adapun Tata Tertib Rangkaian Webinar Bulan Inspirasi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar antara lain;  Peserta mengikuti webinar dengan menggunakan Aplikasi Zoom. Peserta dapat melakukan registrasi H-1 untuk menghindari penumpukan registrasi pada hari H, pada link terkait. Format Nama yang digunakan peserta dalam webinar adalah “OPD/Institusi –Jabatan .

Untuk bergabung dengan ruang meeting pelaksanaan webinar, setiap peserta akan diminta memasukkan Meeting ID dan password sebagaimana tercantum pada undangan atau melalui link di dalam email yang telah teregistrasi. Mohon dipastikan Format Nama yang digunakan sudah sesuai sehingga Host dapat memberikan izin kepada peserta untuk bergabung dengan webinar.

Mohon memastikan bahwa koneksi internet dalam keadaan stabil, serta koneksi video dan audia bisa berjalan dengan baik.

Peserta diharapkan menonaktifkan microphone (mute) selama pelaksanaan webinar, kecuali peserta sedang memaparkan presentasi atau sedang berbicara.

Dan, peserta diharapkan tidak keluar masuk pada saat pelaksanaan webinar. (des/fi)