Ekonomi

Asahan Potensial Jalankan Program Peremajaan Kelapa Sawit

ASAHAN, FaseBerita.ID – Kabupaten Asahan merupakan salah satu kabupaten sentra kelapa sawit rakyat di Sumatera Utara, dengan luasan lahan menvapai 77.106 hektare.

“Asahan memiliki potensi untuk peremajaan sawit rakyat melalui program peremajaan kelapa sawit pekebun seluas 33.000 hektar. Asahan memiliki peluang menjalankan peremajaan, karena luasnya cukup berpotensi,” kata Kadis Pertanian Asahan, Oktoni Eryanto, Sabtu (4/5).

Target peremajaan sawit rakyat untuk kabupaten Asahan tahun 2019 seluas 1.032 ha, ditargetkan di wilayah kecamatan Bandar Pulau, Aek Songsongan, Pulau Rakyat, Aek Kuasan dan Kecamatan sentra sawit rakyat lainnya.

“Potensi program peremajaan telah disosialisasikan kepada 50 peserta dari berbagai pihak yang terkait dengan kelapa sawit, sehingga diharapkan bisa berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Oktoni menjelasakan sosialiasi peremajaan kelapa sawit pekebun dalam kerangka pendanaan badan pengelola dana perkebunan kelapa sawit tahun 2019 dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk dan produktivitas kelapa sawit, pemanfaatan lahan perkebunan menjadi lebih optimal, meningkatkan kerja sama dalam bentuk kemitraan dengan perkebunan besar.

Dana program peremajaan kelapa sawit pekebun tersebut diberikan oleh BPDPKS (Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit) berkerja sama dengan Ditjenbun.

Program bantuan ini akan disalurkan berupa dana hibah kepada kelompok tani Rp25 juta per ha dan peremajaan ini ditujukan kepada petani kelapa sawit rakyat yang usia tanaman kelapa sawitnya 25 tahun ke atas serta produktivitas tanaman tidak mencapai 10 ton/ha/tahun dan benih yang tidak bersertifikat. (ant)

iklan usi