Ekonomi

30 Perusahaan Ikuti Job Fair di USI

FaseBerita.ID – Dinas Ketenagakerjaan Kota Pematangsiantar bekerjasama dengan Kementerian Ketenagakerjaan RI kembali menggelar Pameran Bursa Kerja atau Job Fair 2019 yang dibuka secara resmi oleh Walikota Pematangsiantar Hefriansyah di Auditorium Radjamin Poerba Universitas Simalungun, Jumat (20/9/2019).

Wali Kota Siantar Hefriansyah mengatakan, salah satu tujuan umum pembangunan bidang ketenagakerjaan di Kota Pematangsiantar adalah terwujudnya tenaga kerja yang produktif dan pembangunan masyarakat Kota Pematangsiantar yang sejahtera dan cerdas.

Hal tersebut dapat diwujudkan melalui peningkatan kompetensi, keterampilan dan produktivitas serta terserapnya tenaga kerja pada lowongan pekerjaan yang ada baik lokal maupun luar daerah dan luar negeri yang bermuara pada berkurangnya jumlah pengangguran.

Namun upaya pencapaian tujuan tersebut tidaklah mudah, karena dengan adanya pertambahan jumlah penduduk mengakibatkan jumlah angkatan kerja juga bertambah. Di sisi lain, semakin besar pula jumlah orang yang mencari pekerjaan.

Kondisi ini menimbulkan masalah ketenagakerjaan khususnya masalah lapangan pekerjaan baik secara nasional khususnya di Kota Pematangsiantar.

Permasalahan ini menjadi semakin penting dan mendesak karena pertumbuhan angkatan kerja yang lebih cepat dari pada pertumbuhan kesempatan kerja yang tersedia.

Lanjut Hefriansyah, maka perlu dilakukan tindakan nyata untuk mengatasi, menangani permasalahan tersebut dengan menyelenggarakan kegiatan pameran kesempatan kerja ( job fair) oleh pemerintah daerah kota pematangsiantar dalam hal ini dinas ketenagakerjaan kota pematangsiantar bekerjasama dengan kementerian ketenagakerjaan RI dimana kegiatan ini (job fair) akan memfasilitasi pertemuan secara langsung antara para pencari kerja dengan perusahaan (pemberi lowongan) dan diharapkan kegiatan ini menjadi salah satu solusi dalam rangka penanganan permasalahan pengangguran yang ada di kota Pematangsiantar.

Di job fair ini pengguna tenaga kerja (perusahaan) dapat menginformasikan lowongan pekerjaan serta melakukan seleksi awal untuk mencari calon tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, sedangkan pencari kerja memperoleh dan memanfaatkan informasi lowongan kerja yang ditawarkan dan memilih jenis pekerjaan yang sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya.

Sebelumnya Staf Ahli Kementerian Ketenagakerjaan bidang hubungan kelembagaan Irianto Simbolon mengapreasi yang tinggi kepada pemerintah kota pematangsiantar yang telah mengadakan job fair ini, semoga job fair ini memberi kesempatan atau peluang kepada masyarakat yang sedang mencari kerja.

Lanjut Staf ahli di job fair ini saya amati dari tadi yang mencari kerja bukan hanya dari anak muda saja melaikan ada juga yang sudah tua (bapak-bapak ataupun ibu-ibu) mencari peluang kerja di job fair ini.

Job fair tahun 2019 Kota Pematangsiantar juga mengundang 7 kepala Dinas Ketenagakerjaan (Dairi, Serdang Bedagai, Deli Serdang, Samosir, Simalungun, Asahan, Pematangsiantar) untuk berkomitmen untuk membuka dan memperluas lapangan kerja di daerah masing-masing.

Sementara Laporan Kadis Ketenagakerjaan pematangsiantar Drs Lukas Barus menjelaskan maksud dan tujuan diadakannya job fair ini untuk memfasilitasi pertemuan antar pencari kerja dengan pengguna tenaga kerja (perusahaan) agar pencari kerja mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bakat ,minat dan kemampuannya.

30 perusahaan ikut serta dalam kegiatan job fair tahun 2019 ini,dan berlangsung selama dua hari yaitu jumat dan sabtu (20-21 september 2019) Auditorium Radjamin Poerba Universitas Simalungun.

Hadir juga dalam kegiatan ini para unsur Forkopimda, Direktur penempatan tenaga kerja dalam negeri Drs Nurahman Msi, Kadis Tetenaga kerjaan provsu yang diwakili Sekretarisnya Mukmin, Rektor Universitas Simalungun Dr Corry Purba Msi, para BUMN dan BUMD. (mag04/pra)

Tags

Berita lainnya

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close