Ekonomi

Harga Daging Lembu Merangkak Naik, Ayam Potong Rp28 Ribu

FaseBerita.ID – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H, harga daging lembu di Kabupaten Labuhanbatu mulai merangkak naik. Sementara harga daging ayam potong dan bawang putih mulai turun.

Pantauan wartawan, Rabu (15/5) di Pasar Gelugur Rantauprapat, semula harga daging lembu Rp110 ribu per kilogram menjadi Rp120 ribu per kilogram. Sedangkan ayam potong dari Rp35 ribu turun menjadi Rp28 ribu per kg.

Adapun harga bawang putih yang semula dijual Rp80 ribu turun menjadi Rp55 ribu per kg.

“Harga daging ayam potong sudah turun. Diprediksi, harga terus menurun sampai seminggu mau lebaran, dan akan naik lagi H-5 lebaran,” ujar Muslim, salahseorang pedagang ayam potong yang berjualan di depan Toko Keluarga Fitri, Pasar Gelugur, Rantauprapat.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Labuhanbatu Patindoan Situmorang mengakui kenaikan harga daging lembu. Namun menurutnya, kenaikan harga daging lembu masih batas kewajaran.

“Soal kenaikan harga daging lembu menjelang lebaran adalah hal yang biasa terjadi. Masih dalam batas kewajaran. Hanya mengalami kenaikan sebesar Rp10 ribu per kilogramnya,” katanya.

Patindoan juga menjelaskan, lonjakan harga yang paling menonjol menjelang puasa adalah harga bawang putih. Namun kini mulai mengalami penurunan, begitu juga dengan harga ayam potong.

“Bawang putih yang sempat mencapai Rp80 ribu per kilogram menjadi Rp55 ribu. Tetapi di toke besar yang saya temui, bawang putih kotor harga perkilogramnya Rp30 ribu,” tambahnya.

Untuk mengantisipasi kenaikan harga daging lembu, pihak Diperindag Labuhanbatu akan berkoordinasi dengan Dinas Peternakan.

“Kami akan berkoordinasi dengan pihak Dinas Peternakan Kabupaten Labuhanbatu dalam mengantisipasi lonjakan harga daging lembu nantinya,” tandasnya. (Bud)

Topik

Berita lainnya

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker