Ekonomi

Statistik Penting Bagi Perencanaan Pembangunan

LABURA, FaseBerita.ID – Bupati Labuhanbatu Utara H Kharuddin Syah dalam sambutan tertulis dibacakan Kadis Kominfo Labura Drs Sugeng menyampaikan, peranan statistik sangat penting. Hal ini disampaikannya pada kegiatan penyusunan dan pengumpulan data Produk Domestik Regional Bruto (PDRB).

“Dalam pemerintahan, statistik mempunyai peranan yang sangat penting di antaranya, untuk perencanaan pembangunan yang dapat digunakan untuk mengetahui kecenderungan (trend) yang terjadi, menentukan prioritas pembangunan dan sebagai acuan dalam evaluasi,” ucapnya, Jumat (22/3).

Dengan adanya angka statistik, berbagai program seperti pengendalian kegiatan pembangunan, prakiraan terhadap bencana, risiko dan hambatan yang dihadapi dalam pembangunan, lebih mudah untuk dikaji sebelum mengambil sebuah kebijakan.

Dikatakannya, dalam penyusunan perencanaan pembangunan daerah, selain data dari BPS, diperlukan juga data dari masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD). “Banyak sekali data sektoral bersumber dari OPD yang bisa dijadikan sebagai dasaran perencanaan pembangunan,” sebutnya.

Baca: Pembangunan Gudang di Komplek Kesuma Jaya Diduga Tanpa IMB

“Sebagai contoh data tentang kependudukan mencakup struktur penduduk, populasi usia sekolah yang ada dalam system persekolahan dan di luar system persekolahan,” katanya. Dengan mengetahui data tentang ini, maka pemerintah dapat memperkirakan kebutuhan sekolah yang dibutuhkan dan harus disediakan.

Lebih lanjut disebutkannya, dalam rangka mendukung pembangunan daerah, diperlukan sinergi antara BPS sebagai penyedia data dasar, dan OPD sebagai penyedia atau sumber statistik sektoral. “Disinilah diperlukan kesadaran dan partisipasi aktif dari OPD dalam hal penyediaan data sektoral,” tandasnya.

Karena dengan data sektoral yang akurat, maka pembangunan akan lebih terarah. “Jika data sektoral ini sudah terbangun di masing-masing OPD, diperlukan suatu system informasi statistik yang mampu menyadikan data sektoral secara terintegrasi,” ujarnya.

Sebelumnya, ketua panitia kegiatan yang juga Kepala Bidang Statistik, Persandian dan Telamatika Diskominfo Labura, Resna Dewi Pratiwi melaporkan, kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan hasil PDRB yang akurat dan diikuti oleh OPD yang ada di jajaran kabupaten bermotto Basimpul Kuat Babontuk Elok, itu. (st/ahu)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close