Ekonomi

Saluran Irigasi Rusak: Sawah Kering, Petani Alih Fungsi Lahan

PALUTA, FaseBerita.ID – Saluran irigasi di Desa Hajoran, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), rusak. Persawahan masyarakat pun kering. Hal ini menyebabkan para petani mengalihkan fungsi lahan dengan menanam tanaman palawija seperti kacang panjang, kacang hijau, jagung dan bermacam sayur-sayuran lainnya.

“Jika saluran irigasinya tidak segera diperbaiki, maka kami tidak akan menanam padi selama setahun penuh,” ucap Nurintan Harahap (53) salah seorang petani, Selasa (26/2).

Katanya, sudah hampir dua bulan sawah mereka mengalami kekeringan, sejak saluran irigasi yang selama ini menjadi sumber air sawah mereka jebol karena di hantam banjir. “Menanam padi adalah satu-satunya mata pencarian kami untuk membutuhi kehidupan sehari-hari, baik itu menyekolahkan anak dan lainnya. Makanya kami tetap bertanam meski harus menggantinya dengan sayur-sayuran,” sebutnya.

Pada kesempatan ini dirinya berharap, kiranya pemerintah daerah segera mengambil tindakan untuk melakukan perbaikan irigasi yang rusak, sehingga mereka kembali dapat menanam padi.

“Semoga saluran air irigasi yang rusak ini segera diperbaiki, ini adalah kebutuhan hidup kami, jadi kami sangat berharap irigasi itu segera diperbaiki, ada sekitar 30 hektare sawah di sini,” harapnya. (ais)

Tags

Berita lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close Ads