Bola

Uruguay vs Jepang: Pembuktian ‘Messi’

PERTANDINGAN sengit babak penyisihan grup Copa America 2019 antara Uruguay vs Jepang berlangsung pada Jumat (21/6) pagi di stadion Arena Do Gremio. Uruguay yang diunggulkan dalam laga ini kembali mengandalkan duet Luis Suarez dan Edinson Cavani sebagai ujung tombak.

Sementara Jepang yang di pertandingan perdana kalah telak oleh Chile, masih akan mengandalkan para pemain mudanya dan berharap keajaiban bocah ajaib mereka, Takefusa Kubo yang diharapkan bisa memberi kejutan bagi lini pertahanan Uruguay.

Pemain berusia 18 tahun tersebut memang mencuri perhatian jagat sepakbola dunia dalam seminggu terakhir, pasalnya wonderkid yang mendapat julukan ‘The Next Lionel Messi’ ini direkrut klub raksasa Spanyol, Real Madrid awal pekan lalu.

Sayangnya meski mendapat julukan super tinggi dan mengemban harapan dari seluruh pendukung Jepang, Takefusa Kubo malah gagal bersinar di Copa America bahkan statistiknya tertutupi oleh pemain Jepang lain.

Dari segi skuat, jelas Uruguay jauh lebih diunggulkan apalagi di sektor penyerangan mereka sudah dihuni oleh dua mesin gol berbahaya dan telah teruji di kompetisi Eropa.

Rekor pertemuan kedua tim pun menjelaskan jika Uruguay masih sangat superior atas Jepang, total dalam empat pertemuan terakhi Uruguay selalu meraih kemenangan dengan gol lebih dari satu.

Rapor kedua tim dalam lima pertandingan terakhir juga berbanding terbalik, Uruguay berhasil empat kemenangan dan hanya satu kekalahan, sementara Jepang hanya meraih dua kemenangan, satu kekalahan dan satu hasil imbang.

Laga ini juga akan menjadi partai hidup-mati bagi Jepang, karena jika mereka bisa langsung tersingkir lebih dulu dari ajang Copa America 2019. (ins/int)

Prakiraan Pemain
Uruguay:
Muslera; Laxalt, Giménez, Godín, Cáceres; Lodeiro, Torreira, Bentancur, Nández; Cavani, Suarez

Jepang:
Osako; Sugioka, Ueda, Tomiyasu, Hara; Nakajima, Nakayama, Shibasaki, Abe; Kubo, Okazaki