Bola

Tim Arema FC Dievakuasi Pakai Barracuda dari Stadion Maguwoharjo

SEMPAT terjadi kericuhan antarsuporter di laga PSS Sleman vs Arema FC di pembukaan Liga 1 2019. Tim Arema FC pun harus keluar area stadion dengan barracuda.

Kericuhan antarasuporter terjadi sebelum dan saat pertandingan. Usai pertandingan, pemain dan ofisial Arema FC dievakuasi memakai kendaraan barracuda milik Polda DIY untuk keluar dari kompleks Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (15/5) malam.

Dofiri menyampaikan pemain dan ofisial Arema FC diantar sampai ke lokasi penginapan.

“Karena pintu stadion masih crowded, naik barracuda supaya lebih aman,” kata Kapolda DIY, Irjen Pol Ahmad Dofiri di Stadion Maguwoharjo, Kamis (16/5) dinihari.

“Untuk mengantisipasi kalau di jalan masih ada lempar-lemparan, karena masih banyak massa belum keluar dari kompleks stadion. (Arema FC) di antar sampai hotel, tempat penginapan,” jelasnya.

Kericuhan kecil sempat terjadi di luar stadion sebelum kick off. Kericuhan ternyata menjalar hingga dalam stadion saat pertandingan bergulir. Suporter PSS dan Arema terlibat saling lempar pecahan keramik tribune dan botol air mineral. Enam orang diamankan dari kejadian ini.

6 Pelaku Kekerasan Diamankan

Polisi mengamankan enam orang buntut kericuhan antarsuporter saat pertandingan PSS Sleman vs Arema FC di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (15/5) malam. Enam orang itu diduga melakukan tindak kekerasan.

“Enam orang sudah kita amankan, diduga melakukan kekerasan,” kata Kapolda DIY, Irjen Pol Ahmad Dofiri di Stadion Maguwoharjo, Kamis (16/5) dinihari.

Dofiri belum menyebutkan identitas dan dari kelompok mana enam orang yang diamankan tersebut. Dofiri hanya menyampaikan ada sejumlah orang mengalami luka-luka akibat kericuhan itu.

“Ada yang luka lecet, tidak ada yang serius, ada beberapa orang,” ungkapnya.

Pertandingan PSS vs Arema FC merupakan laga pembuka Liga 1 Indonesia 2019. Jalannya pertandingan sempat dihentikan wasit karena ada lemparan dari tribune penonton.

Sebelum terjadi di dalam stadion, aksi pelemparan antarasuporter ini juga sempat terjadi di luar stadion. Beberapa saat sebelum laga di mulai.

Main Lepas dan Enjoy

Sebelumnya PSS Sleman menuai kemenangan saat menjamu Arema FC pada laga pertama Liga 1 2019. Super Elang Jawa bermain enjoy dan lepas hingga menuai hasil positif.

Saat bermain di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (15/5), PSS memetik kemenangan 3-1 atas Singo Edan. Gol tuan rumah dikemas oleh Brian Ferreira, Yevhen Bokhashvili, dan Rangga Muslim. Dibalas sekali oleh Arema FC via Sylvano Comvalius.

“Hasil ini semoga menjadi motivasi dan menambah percaya diri tim. Semoga menjadi awal yang bagus,” kata pelatih PSS, Seto Nurdiantoro, selepas pertandingan.

Meski demikian, Seto mengakui anak asuhnya sempat bermain tidak lepas terutama di babak pertama. Namun menjelang turun minum, Bagus Nirwanto dkk mampu bermain lebih enjoy.

“Kami bisa perbaiki dan bisa lebih enjoy, permainan lebih lepas,” ujar Seto.

“Jadi masih ada yang harus kami perbaiki,” sambungnya.

Sementara itu, pelatih Arema FC, Milomir Seslija menyebut skuatnya memiliki banyak peluang. Namun hanya satu yang bisa dikonversi menjadi gol.

“Babak pertama Arema bermain baik, tapi babak kedua emosi pemain yang tidak terkontrol,” ujarnya.(dc/int)