Bola

Rusia vs Swedia: Favorit Menang

Laga International Friendly Match 2020 antara Rusia melawan Swedia digelar pada Kamis (8/10) pukul 23.15 WIB di Stadion VEB Arena, Moskva. Unggul head to head atas tim tamu, tuan rumah diprediksi raih kemenangan.

Rusia mencatatkan dua kali kemenangan dalam lima kali duel terakhir bersua Swedia. Sedangkan sang lawan hanya sekali saja melakukannya. Dua laga lain berakhir dengan imbang.

Pertemuan paling anyar yang melibatkan kedua tim ini tercipta di UEFA Nations League 2018/2019. Mereka tergabung ke dalam Grup 2 Liga B. Pada pertandingan pertama, Rusia yang tampil di Stadion Kaliningrad sebagai kandangnya ditahan imbang Swedia dengan kedudukan sama kuat 0-0.

Usai bermain imbang dalam laga away, Blagult alias The Blue-Yellow sukses mengamankan laga kandangnya dengan menang 2-0 di Stadion Friends Arena. Dua gol dibukukan oleh Victor Lindelöf dan Marcus Berg.

Sebelumnya, kedua negara juga pernah terlibat bentrok dalam babak kualifikasi menuju Piala Eropa 2016 di Perancis. Mereka sama-sama menghuni Grup G. Saat penampilan pertama, duel berakhir imbang 1-1 di Stadion Friends Arena. Rusia sempat memimpin lebih dulu. Gol dikemas Aleksandr Kokorin.

Namun, Swedia menyamakan kedudukan melalui aksi Ola Toivonen. Menuju laga kedua di Stadion Otkrytiye Arena, Moskva, skuad Sbornaya berhasil unggul 1-0. Gol tunggal dipersembahkan Artem Dzyuba. Aksinya mengoyak jala gawang kawalan Andreas Isaksson.

Duel lainnya juga pernah tersaji di EURO 2008 Austria dan Swiss. Kala itu, mereka berada di Grup D bersama Spanyol dan Yunani. Duel Rusia vs Swedia menjadi pertandingan pemungkas fase grup dan dimenangkan Sbornaya dengan hasil dua gol tanpa balas.

Pada babak pertama, Roman Pavlyuchenko membuka kran gol kemenangan Rusia setelah sukses membobol gawang Andreas Isaksson. Menuju paruh kedua, gol Andrey Arshavin menggenapi kemenangan timnya atas Swedia.

Rekor Rusia Sempurna, Swedia Terpuruk

Seperti halnya beberapa negara Eropa lain, laga uji coba ini merupakan rangkaian persiapan sebelum tampil di UEFA Nations League 2020. Berdasarkan catatan di dua pekan awal, Rusia menorehkan hasil yang sangat kontras jika dibandingkan Swedia.

Tim besutan Stanislav Cherchesov itu selalu memenangkan laga. Skor 2-1 menjamu Serbia dilanjutkan hasil 2-3 saat melawat ke Hungaria. Artinya, tuan rumah sukses meraih rekor sempurna selama gelaran Liga Negara Eropa tersebut. Di sisi lain, Swedia selalu kalah selama dua pekan penyelenggaraan. Padahal, mereka selalu bermain di kandang sendiri yang seharusnya bisa menjadi keuntungan bagi The Blue-Yellow.

Selain itu, tim yang ditukangi Jan Olof Andersson juga tidak mampu mencetak satu gol pun. Usai dikalahkan Perancis dengan skor 0-1 di Stadion Friends Arena, Swedia digasak Portugal 0-2 di tempat yang sama.

Maka, lawatan ke Rusia ini bisa menjadi ajang bagi tim tamu untuk memperbaiki performa tim. Swedia sendiri dijadwalkan bakal melakoni dua laga away yang cukup berat usai dijamu Rusia. Yakni melawan Kroasia (12/10) dan Portugal (16/10) dalam lanjutan UEFA Nations League 2020. (tir/int)





Back to top button