Bola

Ronald Koeman Setuju Latih Barcelona

FaseBerita.ID– Muncul kabar Ronald Koeman sudah mencapai kata sepakat untuk jadi pelatih baru Barcelona, mengisi tempat yang sebelumnya dihuni oleh Quique Setien.

Setien telah resmi dipecat dari posisinya lewat pernyataan resmi Blaugrana, Senin (17/8) waktu setempat. Ia cuma beberapa bulan menjadi pelatih Barca, setelah ditunjuk menggantikan Ernesto Valverde pada bulan Januari lalu.

“Quique Setien tak lagi menjabat sebagai pelatih tim. Pelatih baru akan diumumkan dalam beberapa hari ke depan sebagai bagian dari restrukturisasi tim,” demikian pernyataan Barca.

Pernyataan itu mengonfirmasi spekulasi yang sudah santer berhembus sejak Barcelona disingkirkan Bayern Munich dari Liga Champions dalam skor memalukan 2-8 pada laga perempatfinal pekan lalu.

Saat itu sudah dispekulasikan pula sejumlah nama kandidat pengganti, salah satunya Ronald Koeman. Sebelum kabar pemecatan Setien, Koeman pun sudah terlihat di kota Barcelona. Marca menyebut, ia tampak berada di bandara sejak Minggu (16/8) waktu setempat.

Kini Sky Sports mengabarkan bahwa Koeman sudah mencapai kata sepakat untuk menjadi pelatih baru Barcelona. Kini El Barca harus membayar kompensasi ke KNVB, federasi sepakbola Belanda, mengingat Ronald Koeman masih menjadi pelatih tim nasional Belanda.

Koeman bukanlah sosok asing di Camp Nou. Ia merupakan mantan pemain Barcelona di era keemasan Johann Cruyff, dan antara lain sukses titel LaLiga 4 kali. Koeman juga sempat menjadi asisten pelatih Louis van Gaal di Los Cules.

Ronald Koeman disebut-sebut sebagai pilihan pertama dari Josep Maria Bartomeu, presiden Barcelona saat ini. Pengumuman resminya sebagai pelatih baru Barcelona juga dikabarkan bakal dilakukan dalam beberapa hari ke depan.

Di sisi lain, ada rumor yang menyebut bahwa Ronald Koeman cuma akan menempati posisinya sebagai pelatih Barcelona dalam durasi satu tahun saja. Itu karena sejumlah direksi Barca masih ingin berusaha menjajaki kemungkinan ‘membawa pulang’ Xavi, pemain leegendaris klub, sebagai pelatih baru. Saat ini Xavi masih menangani klub Qatar, Al-Sadd. (fi/int)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button