Bola

Prancis vs Albania: Persaingan Ketat

Pertandingan antara Prancis melawan Albania pada laga pekan kelima Grup H Kualifikasi Piala Eropa 2020 akan dilangsungkan di Stadion Stade de France, Minggu (8/9/2019) dinihari. Bisakah sang juara dunia melanjutkan upaya mendapat tempat di Euro 2020 akhir pekan ini?

Seperti diketahui, Prancis dikalahkan di Turki pada jeda internasional terakhir, membuat tiga tim teratas Grup H memiliki poin yang sama yakni 9 dari 4 pertandingan menuju laga akhir pekan ini.

Persaingan di grup ini sangat ketat. Albania yang berada pada peringkat 4 klasemen hanya terpaut tiga poin di belakang tiga besar setelah awal yang solid. Tim tamu juga bisa punya peluang untuk mendapatkan tempat di Euro 2020, jadi Prancis memang sangat perlu kemenangan minggu ini.

Tuan rumah Prancis seharusnya tidak akan kesulitan mengambil posisi dua teratas, mengingat kualitas lawan mereka. Kekalahan Les Bleus atas Turki merupakan yang terberat yang akan mereka dapatkan di grup ini.

Sementara mereka seharusnya bisa meraih kemenangan di semua pertandingan kandang. Les Bleus mengalahkan Islandia 4-0 dalam satu-satunya pertandingan kandang mereka sejauh ini, tetapi apakah mereka akan mencetak banyak gol ketika mereka bertemu Albania?

Prancis telah memenangkan empat pertandingan kandang berturut-turut setelah Piala Dunia 2018. Tetapi sepertinya mereka tidak akan mendapatkan kesulitan pada laga nanti. Mereka akan menghadapi perlawanan yang layak dari Albania yang akan berusaha untuk finis di dua besar.

Kedua tim sudah bertemu di babak penyisihan grup Euro 2016 di Prancis. Prancis menang 2-0 saat itu, merupakan kemenangan ketiga mereka dalam lima pertemuan dengan Albania.

Di laga nanti, Prancis diprediksi kehilangan Aymeric Laporte dan Paul Pogba untuk pertandingan ini, sementara mereka terpaksa tidak memasukan N’Golo Kante, Tanguy Ndombele dan Kylian Mbappe dalam skuad karena cedera dan juga belum 100 persen bugar.

Di sisi lain, Albania terakhir kali mengunjungi Prancis yang selama Euro 2016, ketika mereka tampil pertama kali di putaran final. Mereka berharap dapat kembali bermain di Euro, tetapi mereka harus menghadapi lawan berat seperti Islandia dan Turki, terlebih juara dunia, Prancis.

Satu hal yang dimiliki tim tamu adalah pertahanan yang solid. Mereka kebobolan hanya tiga kali dalam empat pertandingan, dengan mencatatkan clean sheet di kandang Andorra dan kalah 1-0 di kandang Islandia. Albania memiliki kekuatan pada laga nanti, dengan pelatih mereka kemungkinan akan menggunakan formasi sistem 3-5-2 dalam upaya untuk membuat frustasi Prancis. (gb/int)