Bola

Porto vs Juventus: Laga Ketat

FaseBerita.ID – Porto akan menjamu Juventus di Estadio do Dragao pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2020/21, Kamis (18/2). Beberapa tahun lalu, mereka juga bentrok di babak yang sama.

Pertemuan terakhir Porto dan Juventus tersaji di babak 16 besar Liga Champions 2016/17. Waktu itu, Porto disingkirkan Juventus dengan agregat 0-3. Pada leg pertama di Portugal, Juventus menang 2-0. Pada leg kedua di Turin, Juventus menang 1-0 lewat penalti Paulo Dybala.

Kali ini, Porto ingin meraih hasil yang lebih baik. Namun, Juventus tentu siap mengulanginya. Duel mereka nanti pun sepertinya bakal berlangsung ketat.

Di fase grup, Porto memenangi empat dari enam pertandingan yang mereka mainkan. Dua kegagalan menang itu semuanya didapatkan pasukan Sergio Conceicao saat melawan Manchester City, kalah 1-3 di Inggris dan imbang 0-0 di Portugal.

Porto pantas diperhitungkan. Mereka memiliki beberapa pemain yang berbahaya. Salah satunya adalah Sergio Oliveira, yang mencetak tiga gol untuk Porto di fase grup. Selain itu, ada pula Luis Diaz yang versatile serta piawai merancang peluang maupun mencetak gol.

Di lain pihak, Juventus sedang mengalami penurunan performa. Dalam dua laga terakhirnya, tim besutan Andrea Pirlo itu imbang 0-0 kontra Inter Milan di Coppa Italia dan kalah 0-1 dari Napoli di Serie A.

Namun, performa Juventus di Liga Champions musim patut diacungi jempol. Salah satu performa terbaik ditampilkan juara Grup G itu ketika menghantam Barcelona 3-0 di Camp Nou melalui dua gol penalti Cristiano Ronaldo dan satu gol Weston McKennie.

Porto tentu sadar, bahwa tim mana pun yang diperkuat Cristiano Ronaldo di Liga Champions bakal jadi favorit hampir di setiap pertandingan. Top skor sepanjang masa Liga Champions dengan torehan 134 gol sejauh ini tersebut adalah ancaman bagi tim-tim lawan.

Di Liga Champions musim ini, Cristiano Ronaldo sudah mencetak empat gol untuk Juventus. Selain bintang Portugal itu, ada pula Alvaro Morata, yang telah menyumbang enam gol dan bersaing ketat dengan tiga pemain lain di daftar top skor sementara Liga Champions musim ini.

Porto menatap laga ini dengan kepercayaan diri tinggi. Namun, Juventus punya semua yang dibutuhkan untuk meraih hasil positif. Selain itu, perlu diingat pula bahwa Porto belum pernah mampu mengalahkan Bianconeri. Bagaimanakah hasil akhir dari duel di Estadio do Dragao ini nanti?

Perkiraan Susunan Pemain
Porto (4-4-2):
Marchesin; Sarr, Leite, Mbemba, Manafa; Diaz, Sergio Oliveira, Uribe, Corona; Marega, Taremi.
Pelatih: Sergio Conceicao.

Juventus (4-4-2):
Szczesny; Sandro, Chiellini, Bonucci, Cuadrado; Chiesa, Bentancur, McKennie, Kulusevski; Morata, Ronaldo.
Pelatih: Andrea Pirlo.