Bola

Persiapan Piala Dunia U-20, Sebanyak Lima Stadion Pendukung di Solo Direnovasi

FaseBerita.ID – Perhelatan akbar sepakbola Piala Dunia U 20 tinggal beberapa bulan lagi. Meski masih dalam situasi pandemi Covid-19, Pemerintah Kota Solo serius melakukan persiapan. Di antaranya dengan merenovasi 5 lapangan pendukung.

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, memastikan renovasi kelima lapangan yakni Stadion Sriwedari, Lapangan Kottabarat, Banyuanyar, Karangasem dan Sriwaru sudah dimulai. Renovasi menggunakan APBN melalui Kementerian PUPR.

“Semua lapangan pendukung sudah mulai dikerjakan hari ini. Rencana besok akan ada penandatanganan kontrak dengan Kementerian PUPR untuk renovasi lima lapangan pendukung,” ujar Rudy, Kamis (5/11).

Rudy menyampaikan, renovasi lima lapangan pendukung tersebut dilakukan secara serentak sejak akhir Oktober. Di antara lima lapangan tersebut, Stadion Sriwedari yang mendapatkan perlakuan khusus dan kehati-hatian karena merupakan bangunan cagar budaya (BCB).

“Renovasi Stadion Sriwedari harus hati-hati saat renovasi karena masuk BCB. Kalau lapangan pendukung lainnya tidak ada persoalan,” jelasnya.

Rudy menambahkan, proses pekerjaan perbaikan lapangan serentak dilakukan pada semua daerah yang ditunjuk sebagai tuan rumah termasuk Solo.

“Berapa rincian anggaran renovasi lapangan latihan tersebut kami kurang tahu. Yang jelas tingkat perbaikan antara satu lapangan dengan lainnya berbeda-beda,” katanya.

Rudy mencontohkan, renovasi Lapangan Sriwaru, Kottabarat, Banyuanyar, dan Karangasem sifatnya ringan. Sementara renovasi Stadion Sriwedari berat karena statusnya Benda Cagat Budaya (BCB) sehingga perlu kehati-hatian.

“Untuk Stadion Manahan yang menjadi tempat pertandingan perbaikan hanya menyasar pada bagian lampu dan penataan lanskap saja,” tutur dia.

Perbaikan lanskap Stadion Manahan, kata Rudy, butuh waktu lama. Sementara untuk perbaikan lampu Stadion Manahan dan lima lapangan latihan ditargetkan selesai sebelum pertandingan Piala Dunia U-20 dimulai.

“Saya sangat berharap masyarakat dan suporter memberikan dukungan penuh. Besok kalau pertandingan sudah dilaksanakan berikan dukungan positif jangan sampai bikin kegaduhan,” tutup Rudy. (Merdeka/fi)

iklan usi



Back to top button