Bola

Newcastle 2-3 Liverpool: Susah Payah

FaseBerita.ID – Liverpool mengalahkan Newcastle United 3-2 di St James’ Park, Minggu (5/5) dinihari. The Reds susah payah dapat kemenangan.

Liverpool harus menunggu sampai menit ke-86 untuk memastikan diri pulang dengan tiga poin dari markas Newcastle United. Divock Origi menilai semangat The Reds tak pernah padam.

Ya, Liverpool susah payah mengalahkan Newcastle 3-2 di St James’ Park, Minggu (5/5) dinihari. Si Merah unggul duluan lewat Virgil Van Dijk dan diimbangi oleh Christian Atsu.

Tim besutan Juergen Klopp berhasil menutup babak pertama dengan keunggulan 2-1. Tapi, Newcastle mampu mengimbangi menjadi 2-2 lewat Salomon Rondon di menit ke-54.

Liverpool bisa bernapas lega saat Origi melesakkan gol lewat sundulan di menit ke-86. Gol itu sekaligus membuat Jordan Henderson dkk pulang dengan tiga poin.

“Hari ini adalah pertarungan besar, kami tahu itu sebelumnya. Tidak mudah, tetapi pada akhirnya kami menunjukkan semangat juang kami dan mendapatkan tiga poin,” kata Origi kepada Sky Sports.

“Saya hanya berusaha melakukan apa pun yang saya bisa. Saya senang untuk tim. Kami bekerja sangat keras dan ini merupakan bagian penting musim ini. Kami hanya harus berjuang untuk tiga poin,” tegasnya.

Kemenangan ini membuat Liverpool memimpin klasemen sementara dengan 94 poin dari 37 laga. The Reds menggeser Manchester City ke posisi dua dengan 92 poin dari 36 laga.

Jalan Pertandingan

Liverpool langsung menekan pertahanan Newcastle di awal laga. Mohamed Salah melepas dua tembakan dari jarak dekat di menit ke-10 dan ke-12, namun belum ada yang mengarah ke gawang.

Usaha Liverpool baru berbuah hasil di menit ke-13. Virgil van Dijk melesakkan gol lewat sundulan setelah menyambut umpan sepak pojok Trent Alexander-Arnold.

Keunggulan tersebut cuma bertahan tujuh menit. Newcastle berhasil menyamakan skor menjadi 1-1 lewat tembakan Christian Atsu. Gol tersebut datang setelah Atsu menyambar bola rebound tembakan Salomon Rondon.

Newcastle membuat ancaman di menit ke-26. Ayoze Perez melepas tembakan dari jarak dekat, namun bola masih mengenai mistar gawang Liverpool.

Liverpool kembali unggul 2-1 di menit ke-28. Umpan silang Alexander-Arnold berhasil dituntaskan lewat tembakan Salah dari jarak dekat.

Si Merah nyaris memperbesar keunggulan di menit ke-32. Sadio Mane melepas tembakan dari jarak dekat setelah menerima umpan daerah dari Salah. Bola tembakan Mane masih bisa gagalkan Martin Dubravka.

Selepas kembali unggul, Liverpool tampak sedikit menurunkan tempo permainan. Alhasil, skor 2-1 bertahan untuk tim besutan Juergen Klopp hingga turun minum.

Liverpool melepaskan tiga tembakan di lima menit awal babak kedua. Namun semua tembakan yang dilepaskan pemain The Reds masih belum ada yang mengarah ke gawang.

Newcastle justru berhasil menyamai skor menjadi 2-2 di menit ke-54. Rondon melepaskan tembakan keras dari dalam kotak penalti setelah menyambut umpan Javier Manquillo.

Liverpool tak kunjung melepaskan tembakan setelah skor berimbang. Di menit ke-72, Si Merah malah harus kehilangan Salah yang mengalami cedera. Divock Origi masuk menggantikan Salah.

Newcatle bermain sangat oke dalam bertahan. Liverpool berulang kali gagal masuk ke kotak penalti The Magpies.

Kerja keras Liverpool berbuah hasil di menit ke-86. Origi melesakkan gol lewat sundulan usai menyambut umpan tendangan bebas Xherdan Shaqiri.

Tak ada gol tambahan yang tercipta hingga laga tuntas. Liverpool memimpin klasemen Liga Inggris usai menang 3-2. (dc/int)