Bola

Munchen vs Liverpool: Misi Lolos

FaseBerita.ID – Liverpool akan menantang Bayern Munich di leg kedua babak 16 besar Liga Champions. Lawatan Liverpool ke Jerman tidak dibekali dengan rekor yang meyakinkan.

Duel Bayern vs Liverpool akan digelar di Allianz Arena, Kamis (14/3) dinihari. Kedua tim berimbang 0-0 di leg pertama yang dilangsungkan di Anfield, tiga pekan lalu.

Dengan situasi demikian, the Reds sebenarnya sedikit diuntungkan. Hasil seri paling tidak 1-1 bisa meloloskan pasukan Juergen Klopp itu dengan keunggulan produktivitas gol tandang. Sebaliknya, Die Roten mesti menang atau mencetak lebih banyak gol dari tim tamu.

Misi lolos Liverpool dibayangi rekor tandang yang kurang oke di kompetisi ini. Opta menunjukkan, Liverpool menderita kekalahan di empat pertandingan tandang terakhirnya di Liga Champions dengan hanya membuat tiga gol dan kemasukan sembilan gol.

Berturut-turut Si Merah ditekuk AS Roma 2-4 (semifinal leg II 2017/18), Napoli 0-1, Red Star Belgrade 0-2, dan Paris St. Germain 1-2 (fase grup 2018/19).

Sedangkan terakhir kali Liverpool memenangi laga di markas lawan ialah ketika menghempaskan Manchester City 2-1 di Etihad pada laga leg II perempatfinal 2017/18.

“Ini akan menjadi sebuah pertandingan yang menarik,” bek tengah Liverpool Virgil van Dijk, mengatakan dikutip the Guardian. “Mereka (Bayern -red) bermain bagus di sini, rapat terutama di belakang dan sudah jelas mereka segan kepada kami.”

“Pertandingan akan sulit dan kami harus bisa bermain lebih baik daripada beberapa laga tandang terakhir di Liga Champions. Memang di laga-laga fase grup kami tidak sebagus yang kami inginkan tapi toh kami tetap lolos ke fase gugur.”

“Sekarang, situasinya 0-0 dan kami ingin melakukan segalanya yang memungkinkan untuk lolos. Kami tahu pertandingan ini akan sangat berat dan sulit,” imbuh Van Dijk, yang akan main lagi setelah skorsing.

Sulit dan Berat

Dengan performa yang ditampilkan pada tujuh laga terakhir, Virgil van Dijk meyakini bahwa Bayern Munchen akan menjadi lawan yang sulit bagi Liverpool. Apalagi, Die Rotten akan bermain di kandang. Bagi Van Dijk, ini adalah laga yang sulit dan berat.

“Kami memainkan laga penyisihan grup tak sebagus yang kami harapkan, tapi kami lolos ke fase gugur. Sekarang, kami mendapat hasil 0-0 dan kami akan melakukan segalanya yang bisa membuat kami lolos,” ucap Van Dijk dikutip dari Four Four Two.

“Kami tahu bahwa ini akan menjadi sebuah pertandingan yang sulit dan berat,” sambung pemain asal Belanda.

Sebagai catatan, Bayern selalu meraih kemenangan dalam tujuh laga kandang terakhir. Bahkan, dalam tujuh laga tersebut, Bayern hanya kebobolan tiga gol saja. Empat laga dilalui dengan cleansheet alias tidak kebobolan.

Pertahanan Bayern Kuat

Berkaca pada hasil leg pertama di Anfield, Virgil van Dijk sudah bisa mengukur kekuatan Bayern. Bagi eks pemain Celtic tersebut, Bayern adalah tim yang solid. Pasukan Niko Kovac juga punya barisan pertahanan yang kuat dan sulit ditembus.

Tapi, Van Dijk memprediksi jika Bayern akan memberikan banyak tekanan dan tidak tampil bertahan seperti pada leg pertama.

“Mereka akan mengubah cara bermain, saya pikir begitu. Jadi, kami harus berjuang keras karena mereka akan menyerang, terutama di awal laga. Ini akan menjadi hal yang sulit dan kami harus melakukan lebih dari yang biasa kami lakukan,” tutup Van Dijk. (dc/bn/int)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button