Bola

MU Tidak Berbahaya

FaseBerita.ID – Manchester United susah payah mengalahkan West Ham United di pekan ke-34 Liga Inggris. Paul Pogba menyebut The Red Devils tidak membahayakan lawan.

MU menang 2-1 atas West Ham di Old Trafford, Sabtu (13/4). Dua gol kemenangan tuan rumah didapat dari penalti Pogba, dan gol balasan tim tamu dilesakkan Felipe Anderson.

Menghadapi West Ham, MU cukup kesulitan. Selain lini belakangnya juga mudah ditembus lawan, barisan depannya juga kurang menakutkan.

ESPN mencatat MU membuat 14 shot on target, sementara West Ham 18 kali. Dari percobaan itu, keduanya sama-sama mengarahkan bola tepat ke gawang sebanyak 4 kali.

Dua gol MU pun lahir dari penalti, bukan permainan open play. Artinya, daya gedor Setan Merah cukup tumpul. Ini meneruskan performa tengah pekan lalu, saat MU kalah 0-1 dari Barcelona dengan gagal membuat satu shot on target sama sekali.

Pogba menyadari kelemahan timnya itu. Gelandang asal Prancis itu menilai MU tidak berbahaya dan harus segera ditemukan solusinya.

“Kendati, anda tahu, kami tidak bekerja dengan baik secara tim, hasilnya begitu. Kami hanya memikirkannya hari ini,” kata Pogba dilansir Mirror.

“Itu (permainan) sangat terbuka, tapi kami tidak bermain dengan baik. Kesempata yang kami punya, ruang, pemain, tapi kami mungkin bermain dengan sedikit lambat.”

“Kami tidak berbahaya dan harus mengatasinya. Sekarang pertandingan sudah berlalu, kami akan belajar dan bangkit ke pertandingan berikutnya. Saya tidak tahu apakah kami kelelahan akibat Liga Champions. Kami harus beristirahat sekarang agar fit pada Kamis mendatang,” jelas Pogba.

Jalan Pertandingan

MU sempat ditekan West Ham pada menit-menit awal. Bahkan gawang David De Gea sempat bobol lebih dulu.

Di menit ke-10, Felipe Anderson merobek gawang MU dalam sebuah serangan West Ham. Gol itu dianulir lantaran Anderson sudah dalam posisi offside sebelum meneruskan bola sundulan Javier Chicharito ke dalam gawang De Gea.

Perlahan MU keluar dari tekanan. Di menit ke-17, serangan mereka membuahkan hasil setelah Juan Mata dilanggar Robert Snodgrass di kotak penalti. Paul Pogba lantas menjadi eksekutor dan sukses memperdaya Lukasz Fabianski. MU memimpin 1-0 atas West Ham.

West Ham merespons gol itu lewat sebuah serangan berbahaya. Snodgrass melepaskan umpan dari tendangan penjuru dan bisa disundul Anderson, namun bola masih terlalu tinggi dari gawang MU. Di sisa waktu babak pertama, tidak ada gol tambahan tercipta.

West Ham mengawali babak kedua dengan langsung menekan MU. Hasilnya, Anderson bisa merobek gawang De Gea, usai memanfaatkan umpan terukur Manuel Lanzini dari sisi kanan. Skor menjadi 1-1.

Di menit ke-54, kembali peluang didapat West Ham. Pablo Zabaleta mencoba peruntungannya dengan melepaskan tendangan dari luar kotak penalti, memanfaatkan bola liar hasil tendangan sudut. Bola mengarah tepat ke gawang, namun bisa diamankan De Gea.

Di menit ke-58, Marcus Rashford, yang masuk menggantikan Juan Mata, mendapat peluang pertamanya. Memanfaatkan umpan terobosan Chris Smalling, sepakannya dari sudut sempit bisa bisa ditepis Fabianski.

West Ham balik gantian menekan, dan sempat mendapat tiga peluang emas dalam waktu berdekatan. Pertama lewat sepakan Michail Antonio yang membentur mistar di menit ke-76, kemudian tendangan Anderson yang bolanya bisa ditangkap De Gea, dan terakhir tandukan Antonio yang memaksa De Gea membuat penyelamatan gemilang.

Usai ditekan, MU bisa unggul pada menit ke-80. Dalam sebuah serangan balik, Anthony Martial dilanggar Ryan Frederick di kota penalti. Pogba maju lagi menjadi eksekutor dan merobek gawang Fabianski lagi untuk kedua kalinya, usai bola yang ia arahkan ke pojok bawah kiri tak bisa dibendung sang kiper.

Di sisa waktu pertandingan, West Ham tak mampu membalas gol tersebut. MU menang 2-1 atas The Hammers lewat dua gol penalti Pogba. (dc/int)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button