Bola

Messi di Ambang Gelar Keenam

FaseBerita.ID – Lionel Messi semakin tak terkejar dalam daftar pencetak gol terbanyak Liga Champions 2018/19. Bomber Barcelona itu menuju gelar top skor keenam.

Messi menambah pundi-pundi golnya setelah berhasil mencetak sepasang gol ke gawang Liverpool untuk memenangkan Barcelona 3-0 di semifinal leg I, Kamis (2/5) dinihari. Dengan begitu, pemain terbaik dunia lima kali itu kini mengoleksi 12 gol plus tiga assist dalam sembilan penampilannya.

Di antara semifinalis, hanya pemain depan Ajax Amsterdam Dusan Tadic yang paling dekat dengan Messi. Namun, winger Serbia itu jauh di belakang Messi karena baru mencetak enam gol. Tadic bahkan berhenti mencetak gol sejak menjebol gawang Real Madrid di leg II babak 16 besar.

Meski bukan mustahil, Tadic akan sulit menyalip Messi di sisa musim. Sekalipun Ajax berpotensi maju ke final setelah menang 1-0 di kandang Tottenham Hotspur pada semifinal leg pertama.

Messi sendiri tengah mencari gelar topskorer Liga Champions yang keenam kali di sepanjang kariernya. Terakhir kali Messi memenanginya pada 2014/15 saat membawa Barca memenangi treble, tapi itupun berbagi dengan Neymar dan Cristiano Ronaldo yang sama-sama mengemas 10 gol.

Gelar top skor Liga Champions pertama diraih Messi pada 2008/09 dengan sembilan gol. Predikat pemain tertajam tersebut berhasil dipertahankannya tiga kali secara beruntun pada 2009/10, 2010/11, 2011/12.

Sebanyak 12 gol yang sudah dibukukan Messi saat ini menyamai torehan Cristiano Ronaldo saat merebut titel top skor pada 2016/17. Hingga sekarang, Ronaldo masih memegang rekor gol terbanyak Liga Champions dalam semusim saat mengemas 17 gol pada 2013/14.

Samai Torehan Ronaldo

Lionel Messi telah mengoleksi 600 gol sepanjang karier seniornya di Barcelona. Jumlah gol itu menyamai milik Cristiano Ronaldo.

Barcelona menang 3-0 dalam laga leg pertama semifinal Liga Champions melawan Liverpool di Camp Nou, Kamis (2/5) dinihari. Gol kemenangan Barca dicetak oleh Luis Suarez pada babak pertama dan Messi di paruh kedua.

Tambahan dua gol itu menggenapkan koleksi gol Messi menjadi 600. Dia mencatatkan gol tersebut dalam 684 pertandingan di level senior.

Jumlah gol itu sama persis dengan milik Ronaldo, yang baru dibukukan pada akhir pekan lalu. Striker Juventus tersebut melesakkan 600 gol dari 801 laga di level senior.

Gol ke gawang Liverpool ini juga menandakan bahwa Messi sudah berhasil melesakkan gol ke tiga klub Inggris dalam satu musim. Sebelumnya, La Pulga mencetak gol ke gawang Tottenham Hotspur dan Manchester United.

Catatan tersebut menyamai milik Thomas Mueller. Pada musim 2013/2014, Mueller merobek gawang tiga klub asal Inggris, yakni Arsenal, Manchester City, dan MU. (dc/int)

iklan usi