Bola

Marseille vs Man City: Dihantui Badai Cedera

FaseBerita.ID – Matchday 2 penyisihan Grup C Liga Champions (UCL) 2020/2021 menghadirkan duel Olympique Marseille vs Manchester City. Pertarungan ini digelar di Orange Vélodrome, Marseille, Perancis ini pada Rabu (28/10) pukul 03.00 WIB.

Kedua tim mendulang hasil berbeda saat matchday 1 tengah pekan lalu. Marseille takluk 1-0 saat bertandang ke markas wakil Yunani, Olympiakos Piraeus. Sedangkan Man City menuai angka penuh usai menang 3-1 saat menjamu tim Portugal, FC Porto. Hasil laga matchday-1 mengantar The Citizens sebagai pemuncak klasemen Grup C, sementara Marseille duduk di tangga ke-3.

Man City memang lebih diunggulkan ketimbang Marseille, dalam laga yang juga akan menandai pertemuan perdana kedua kubu pada pertandingan resmi. Di samping unggul peringkat klasemen UCL, performa The Citizens dalam sejumlah laga terakhir juga tercatat lebih baik ketimbang Marseille. Man City terhitung belum pernah kalah dalam 5 penampilan terakhir. Tim besutan Pep Guardiola mampu membukukan 3 kemenangan dan 2 kali imbang. Sebaliknya, Marseille menorehkan 2 kali menang, 2 imbang, dan 1 kali kalah, dalam periode yang sama.

Selain harus bermain tandang, tantangan terbesar Man City dalam matchday 2 UCL kali ini adalah kondisi kebugaran para pemain kunci mereka. Penyerang asal Argentina, Sergio Aguero, yang menjadi ujung tombak andalan The Citizens kembali menderita cedera. Aguero yang pernah menepi 4 bulan akibat cedera lutut, kali ini dilaporkan terkena masalah hamstring saat City bermain imbang 1-1 kontra West Ham di Premier League (EPL), akhir pekan lalu.

“Ini cedera otot. Sepertinya hamstring. Besok kita akan tahu,” jelas Pep Guardiola usai laga kontra West Ham, dikutip dari laman resmi klub.

Barisan depan Man City kian bermasalah lantaran ujung tombak lain, Gabriel Jesus, pun dikabarkan tak bisa turun. Tak cukup sampai di situ, Benjamin Mendy dan Fernandinho juga dianggap masih mengalami masalah kebugaran sejak kembali dari jeda internasional 2 pekan lalu. “Saatnya berjuang mengatasi cedera, kurangnya persiapan serta laga berat yang mesti kami hadapi sejauh ini. Para pemain sudah melakukan segalanya,” ungkap Guardiola.

“Sekarang kami memulihkan diri dan memikirkan laga berikutnya di Liga Champions (tandang ke Marseille),” imbuh juru taktik berkebangsaan Spanyol tersebut.

Sebaliknya kubu tuan rumah Marseille relatif tak memiliki masalah dari sisi ketersediaan pemain. Gelandang serang yang juga kerap dipasang sebagai penyerang sayap, Dimitri Payet, dapat kembali bermain usai absen akibat hukuman larangan tampil saat Marseille menang 1-0 atas Lorient di Ligue 1 pekan lalu.

Pelatih Marseille, Andre Villas-Boas, kemungkinan bakal menggunakan komposisi 3 pemain bertahan: Duje Caleta-Car, Alvaro Gonzalez, dan Leonardo Balerdi. Serta menurunkan trio barisan depan: Florian Thauvin, Dario Benedetto, dan Dimitri Payet, untuk mengeksploitasi area pertahanan lawan. (tir/int)

Prediksi Susunan Pemain
Olympique Marseille (3-4-3):
Steve Mandanda; Duje Caleta-Car, Alvaro Gonzalez, Leonardo Balerdi; Hiroki Sakai, Boubacar Kamara, Valentin Rongier, Jordan Amavi; Florian Thauvin, Dario Benedetto, Dimitri Payet.

Manchester City (4-3-3):
Ederson Moraes; Kyle Walker, Ruben Dias, Aymeric Laporte, Oleksandr Zinchenko; Rodri, Ilkay Gundogan, Kevin De Bruyne; Ferran Torres, Raheem Sterling, Philip Foden.