Bola

Man United vs Chelsea: Duel Ketat

FaseBerita.ID – Laga pekan ke-6 Liga Inggris atau English Premier League (EPL) 2020/2021 menghadirkan bigmatch Manchester United vs Chelsea. Pertandingan ini dilangsungkan di Stadion Old Trafford, Sabtu (24/10) malam pukul 23.30 WIB.

Duel 2 tim besar Premier League ini diprediksi bakal berjalan ketat. Man Utd boleh dikata unggul dalam head to head (H2H) atas Chelsea dalam kurun 5 pertemuan terakhir. Setan Merah berhasil membukukan 3 kemenangan, 1 imbang, dan 1 kali kalah.

Namun demikian, 1 kemenangan Chelsea atas David de Gea dan kawan-kawan diperoleh dalam duel paling mutakhir kedua kubu pada bulan Juli lalu di semifinal FA Cup 2019/2020. Dalam laga tersebut, The Blues unggul 3-1 lewat torehan Oliver Giroud, Mason Mount, serta gol bunuh diri Harry Maguire. Sedang sebiji gol balasan Setan Merah diperoleh dari sepakan penalti Bruno Fernandes.

Dalam klasemen sementara EPL 2020/2021, Chelsea berdiri di tangga ke-8 berbekal 8 poin dari 5 laga. Sementara Man Utd masih berjuang di posisi 15 dengan mengantongi 6 poin, namun baru melakoni 4 pertandingan. Chelsea boleh dibilang belum menunjukkan performa menjanjikan dari sejumlah laga terakhir.

Dalam 5 penampilan di semua ajang, tim besutan Frank Lampard hanya mampu mendulang 1 kemenangan, 3 kali seri, dan 1 kalah. Hasil tersebut termasuk saat ditahan imbang 3-3 oleh Southampton di EPL pekan lalu, lalu bermain kaca mata kontra Sevilla pada matchday-1 Liga Champions 2020/2021.

Sebaliknya, Man Utd menunjukkan grafik menanjak dalam 2 pertandingan terakhir. Usai menelan kekalahan telak 1-6 kontra Tottenham Hotspur pada pekan ke-4 EPL, Setan Merah langsung bangkit dengan menggasak Newcastle United 1-4 di kandang lawan pada pekan berikutnya. Raihan positif juga dikemas tim besutan Ole Gunnar Solskjaer di laga pembuka penyisihan grup UCL, dengan menumbangkan runner-up musim lalu Paris Saint Germain (PSG) dalam laga away lewat skor 1-2.

Satu hal yang perlu digarisbawahi dalam 2 kemenangan Man Utd tersebut adalah keputusan Solskjaer dalam menerapkan pola pertahanan yang berbeda. Kala menghadapi Newcastle, Setan Merah menggunakan 4 pemain bertahan, yang terdiri dari: Wan-Bissaka, Lindelof, Maguire, dan Luke Shaw.

Sementara saat kontra PSG, Solskjaer memilih 3 bek sejajar yang diisi: Tuanzebe, Lindelof, dan Luke Shaw. Perbedaan formasi tersebut diyakini bakal sedikit mempersulit kubu Chelsea untuk menebak pola permainan Man Utd pada laga kali ini. “Frank Lampard bakal mencatat perubahan pola tersebut, saat ia mempersiapkan skuad Chelsea dalam laga tandang ke Old Trafford hari Sabtu. Tapi ia tak bisa memprediksi dengan pasti bagaimana susunan line-up, hal itu mungkin bisa menjadi sedikit keuntungan dari sisi psikologis,” tulis laman resmi Man Utd jelang laga.

Kubu Chelsea hanya kehilangan gelandang 19 tahun Billy Gilmour yang masih terbelit cedera. Frank Lampard diperkirakan takkan banyak mengubah komposisi pemain seperti saat melawan Sevilla di ajang UCL. Duet bek tengah andalan The Blues, Thiago Silva dan Kurt Zouma turun sejak menit pertama. Begitu pula dengan posisi ujung tombak tunggal yang ditempati Timo Werner.

Sedang di kubu tuan rumah, Man Utd tak bisa menggunakan Eric Bailly, Jesse Lingard, dan Anthony Martial. Bailly dan Lingard terbelit cedera, sedang Martial masih dalam hukuman kartu merah. Setan Merah juga memiliki sederet pemain yang diragukan bisa tampil akibat masalah kebugaran, mereka adalah Edinson Cavani, Harry Maguire, dan Mason Greenwood. (tir/int)

Prediksi Susunan Pemain
Man United (3-4-1-2):
David de Gea; Harry Maguire, Victor Lindelof, Axel Tuanzebe; Alex Telles, Scott McTominay, Paul Pogba, Aaron Wan-Bissaka; Bruno Fernandes; Daniel James, Marcus Rashford.
Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer.

Chelsea (4-2-3-1): Edouard Mendy; Reece James, Thiago Silva, Kurt Zouma, Ben Chilwell; Jorginho, Ngolo Kante; Mason Mount, Kai Havertz, Christian Pulisic; Timo Werner.
Pelatih: Frank Lampard.