Bola

Man City vs Liverpool: Punya Modal Apik

FaseBerita.ID – Pertandingan Manchester City vs Liverpool dalam lanjutan jadwal Liga Inggris 2020/2021 dilangsungkan pada Minggu, 8 November 2020 pukul 23.30 WIB. Jika dalam 2 musim terakhir kedua tim bersaing di papan atas klasemen Premier League, kali ini tuan rumah masih di urutan 10, sedang The Reds di puncak.

Antara Manchester City dan Liverpool terdapat perbedaan 5 poin di klasemen EPL. Namun, peringkat kedua tim terpaut sangat jauh. Liverpool yang menang 5 kali, seri 1 kali, dan kalah 1 kali (16 poin) dalam rute yang benar untuk mempertahankan gelar juara Liga Inggris. Sebaliknya, Man City masih di posisi 10 dengan 11 angka (3 menang, 2 seri, dan 1 kalah).

Manchester City bisa beralasan menyimpan 1 laga lebih banyak. Namun, andai bisa memanfaatkan laga itu sekalipun, pasukan Pep Guardiola hanya akan sampai di 4 besar, menggeser Everton (13 poin).

Jika melihat performa Manchester City di Liga Inggris, tim ini masih memimpin dalam penguasaan bola, terbanyak dengan 60,1 persen di atas Liverpool (59,8 persen). Urusan jumlah tembakan, City (rata-rata 16 kali) hanya kalah dari Liverpool (17,6 kali).

Namun, dari aspek penyelesaian akhir, The Citizens bermasalah dengan hanya 9 gol, yang terdistribusi dari 6 gol open play, 2 set piece, dan 1 penalti. Kubu Etihad jauh tertinggal dari Tottenham (18 gol), Leicester, Liverpool (17 gol), atau Chelsea (16 gol).

Manchester City adalah tim dengan akurasi umpan tertinggi di EPL (88 persen), tetapi buruk dalam duel udara (posisi 15). Barisan belakang mereka juga rentan dengan catatan 2 kali dibobol dari skema set pieces dan 3 lewat penalti. Total City sudah kemasukan 8 kali.

Masalah Manchester City ini terekspos setidaknya dalam 5 partai terakhir Liga Inggris, kala mereka hanya menang 2 kali, seri 2 kali, dan kalah 1 kali. Sepanjang kurun waktu itu, City hanya mencetak 6 gol.

Kembalinya Gabriel Jesus yang pulih dari cedera sejak awal November ini bisa jadi jawaban soal lemahnya penyelesaian akhir Man City. Pep Guardiola yang kemungkinan besar tidak bisa memakai Sergio Aguero lawan Liverpool menyebut, “Penting faktanya Gabriel kembali. Dia sangat penting bagi kami. Dia mencetak gol brilian [lawan Olympiakos].”

The Citizens memang membaik dengan 6 menang dan 2 seri dalam 8 partai terakhir di semua kompetisi. Pasukan Pep Guardiola mampu mencetak 16 gol dan hanya kebobolan 3 kali. Namun, apakah modal itu cukup untuk melawan Liverpool?

Liverpool sempat menjalani hari-hari buruk, terutama kalah 7-2 dari Aston Villa. Namun, dalam 5 partai terakhir, The Reds mampu melahap 5 kemenangan di semua kompetisi. Pasukan Jurgen Klopp mencetak 12 gol dan kebobolan 2 kali, dan yang terpenting terbiasa dengan kemenangan tipis.

Musim ini, pertahanan Liverpool tidak bermain sebaik musim lalu terutama jika melihat rapor Virgil Van Dijk (6,45), Andy Robertson (6,62), dan Trent Alexander-Arnold (6,77). Fakta dari 7 laga EPL, The Reds baru clean sheet sekali menunjukkan hal itu.

Kualitas The Reds masih terjaga di depan dengan Sadio Mane (7,86), Mohamed Salah (7,79), Roberto Firmino (6,99) yang total membukukan 12 gol. Mereka akan menjadi tumpuan, dengan alternatif Diogo Jota (6,80) yang sudah merobek gawang lawan 3 kali.

Jota sendiri, yang baru saja mencetak hattrick ketika Liverpool menggilas Atalanta 0-5 di Liga Champions, menilai kata kunci penting saat jumpa Manchester City adalah pertahanan. Jika timnya solid di belakang, kans untuk menekuk The Citizens akan terbuka.

“Mencetak lima gol dalam sebuah pertandingan tidak sering terjadi, jadi saya pikir kami bagus. Soal clean sheet juga, jika kami bisa tidak kebobolan melawan City, saya yakin kami akan menang,” kata Jota dikutip situs web resmi Liverpool. (tir/int)

Prediksi Susunan Pemain
Man City (4-3-3-):
Ederson; Kyle Walker, Ruben Dias, Aymeric Laporte, Joao Cancelo; Kevin De Bruyne, Rodrigo, Ilkay Gundogan; Ferran Torres, Gabriel Jesus, Raheem Sterling.

Liverpool (4-2-3-1):
Alisson; Trent Alexander Arnold, Joel Matip, Joe Gomez, Andrew Robertson; Jordan Henderson, Georginio Wijnaldum; Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane; Diogo Jota.

iklan usi