Bola

Man City vs Arsenal: Serasa Final

FaseBerita.ID – Premier League restart! Liga tertinggi Inggris akhirnya kembali setelah sempat tertunda lama akibat pandemi virus Corona. Manchester City akan berhadapan dengan Arsenal.

City akan main kandang melawan Arsenal di laga tunda pekan ke-28 Premier League 2019/20, Kamis (18/6) dinihari. City saat ini berada di peringkat dua klasemen, sedangkan Arsenal menempati posisi sembilan.

City telah mengumpulkan 57 poin dari 28 pertandingan, tertinggal jauh dari Liverpool yang memiliki 82 poin dari 29 laga. Sementara itu, Arsenal baru punya 40 poin di papan tengah.

Di laga terakhirnya, awal Maret lalu, pasukan Josep Guardiola takluk 0-2 dalam derby melawan Manchester United. Di lain pihak, Arsenal menang 1-0 menjamu West Ham melalui gol tunggal Alexandre Lacazette.

Pada pertemuan pertama di Premier League musim ini, pada pekan ke-17, City menang 3-0 di kandang Arsenal melalui dua gol Kevin De Bruyne dan satu gol Raheem Sterling. Waktu itu, Arsenal masih dilatih Freddie Ljungberg.

Sekarang, Arsenal dilatih Mikel Arteta, yang merupakan asisten pelatih Guardiola di City selama periode 2016-2019. Eks pemain Arsenal itu diangkat menjadi pelatih The Gunners pada Desember 2019.

Selain pertemuan Guardiola – Arteta, laga ini juga bisa menjadi ajang adu kehebatan Sergio Aguero dan Pierre-Emerick Aubameyang.

Aguero mencetak 10 gol dalam 12 penampilan terakhirnya melawan Arsenal di semua kompetisi. Sementara itu, Aubameyang butuh satu lagi untuk mencapai 50 gol di Premier League.

Arsenal Cuma Sekali Menang

Head to head Manchester City vs Arsenal begitu mencolok. The Citizens begitu dominan, The Gunners cuma pernah sekali menang.

Manchester City bisa menang tujuh kali dan pertandingan berakhir seri dua kali. Kemenangan terakhir Arsenal itu pun di musim 2016/2017, di kompetisi Piala FA dengan skor 2-1.

Manchester City pun beberapa kali menghajar Arsenal dengan skor yang telak. Mereka pernah menang tiga kali dengan skor 3-0, termasuk pada pertemuan pertama di musim ini di kandangnya Arsenal saat pertengahan bulan Desember 2019 lalu.

Peringkat kedua tim di klasemen Liga Inggris sementara ini juga cukup jauh. Manchester City di peringkat kedua dengan 57 poin. Sementara Arsenal, di peringkat sembilan dengan 40 poin.

Meski begitu, duel kedua tim bakal serasa final. Manchester City harus menang demi bisa terus mengusik sang pemuncak klasemen, Liverpool.

Arsenal juga harus meraih tiga poin, demi bisa pelan-pelan merangkak naik ke posisi empat besar. Mereka beda delapan poin dari Chelsea di posisi empat, yang artinya peluangnya masih terbuka.

Duel kedua tim juga mempertemukan ‘guru vs murid’, yakni Pep Guardiola vs Mikel Arteta. Arteta pernah tiga tahun menjadi asisten manajer Guardiola di Manchester City, yang kini mencoba peruntungannya menjadi manajer Arsenal.

Kedua tim juga dalam kondisi yang fit, para pemainnya siap tampil. Maka, siapa bisa yang meraih kemenangan nanti? (bn/dc/int)

Perkiraan Pemain
Man City (4-3-3):
Ederson; Zinchenko, Laporte, Fernandinho, Walker; David Silva, Rodri, De Bruyne; Sterling, Aguero, Mahrez.
Pelatih: Josep Guardiola.

Arsenal (4-2-3-1):
Leno; Saka, Luiz, Mari, Bellerin; Xhaka, Torreira; Aubameyang, Ozil, Pepe; Lacazette.
Pelatih: Mikel Arteta.

USI