Bola

Man City 1-0 Leicester: Boom… dari Kompany

FaseBerita.ID – Manchester City nyaris dibuat frustrasi oleh Leicester City. Sampai akhirnya tendangan geledek sang kapten Vincent Kompany memecah Etihad Stadium. Boom!

Pada laga pekan ke-37, Selasa (7/5) dinihari, City punya kewajiban untuk menang jika ingin kembali ke puncak Premier League. Pasalnya Liverpool menguasai selama hampir 48 jam terakhir usai mengalahkan Newcastle United 3-2.

Tampil di depan pendukungnya, City begitu dominan dengan 61 persen ball possesion dan membuat 19 attempts dengan lima on goal. Sementara, Leicester cuma punya tujuh attempts dengan dua on goal.

Meski demikian, City dibuat kesulitan membobol gawang Kasper Schmeichel yang tampil begitu luar biasa dalam pertandingan itu. Dia membuat empat penyelamatan dan City bahkan harus membuat 12 pelanggaran, dua kali lipat lebih banyak ketimbang Leicester.

Sampai akhirnya keajaiban itu datang pada menit ke-70 ketika Kompany sampai maju ke depan untuk membantu penyerangan. Dia menggiring bola di depan kotak penalti dan ada tiga pemain Leicester mengadangnya.

Seperti pemburu yang tengah menunggu mangsanya, Kompany akhirnya mendapat momentum untuk melepaskan sepakan dari jarak 30 meter dan boom…. bola melesak ke pojok kiri atas gawang tanpa bisa dihalau Schmeichel.

“Saya bisa mendengar orang-orang bilang ‘Jangan tendang, jangan tendang!’. Buat apa saya bermain sampai sejauh ini jika Anda pemain muda yang menyuruh saya untuk menembak. Selama 15 tahun, saya bilang kepada orang-orang bahwa saya akan mencetak gol seperti ini,” ujar Kompany seperti dikutip BBC.

City pun menang 1-0 dan kembali memuncaki klasemen dengan 95 poin, unggul satu poin atas Liverpool di urutan kedua. Gol yang terbilang penting mengingat City masih memegang kendali dan hanya butuh mengalahkan Brighton & Holve Albion di pekan terakhir agar jadi juara.

Bagi Kompany ini adalah kali pertamanya dia mencetak gol dari luar kotak penalti untuk City setelah 19 gol sebelumnya dibuat di area 16 meter. Sementara dalam kariernya, Kompany pernah sekali melakukan itu bersama Hamburg pada 2007.

Gol yang membuktikan Kompany masih ada musim ini setelah dia kalah bersaing dengan John Stones dan Aymeric Laporte. Cedera jadi alasan mengapa dia baru tampil 24 kali musim ini. Luar biasa memang kapten Kompany!

Jalan Pertandingan

Pertandingan dimulai dengan permainan terbuka dari kedua tim. City mencoba menguasai permainan, sementara Leicester menunjukkan potensi dengan kecepatan transisinya.

Ricardo Pereira menusuk dari kiri untuk Leicester pada menit ke-9 dan melepaskan tembakan. Vincent Kompany memblok bola sehingga tak mengarah ke gawang.

Gantian City mengancam dua menit kemudian. Phil Foden lolos dari pengawalan dan menerima umpan di dalam kotak penalti. Sepakannya masih tepat ke arah kiper dan mudah ditangkap Kasper Schmeichel.

Leicester punya peluang di menit ke-15. Youri Tielemans mendapatkan ruang tembakan dan melepaskan sepakan dari luar kotak penalti. Namun bola masih relatif lemah untuk untuk menaklukkan Ederson Moraes.

City mengklaim penalti di menit ke-22, yang tak diberikan oleh wasit. Raheem Sterling menusuk dari kiri dan menyontek bola, yang dinilainya mengenai lengan Jonny Evans. Mike Dean tak sepakat dan membiarkan laga berjalan.

City nyaris memetik keunggulan di menit ke-32, saat tandukan Aguero menyambut sepak pojok mengarah ke gawang. Schmeichel sigap menepis bola tepat sebelum melintasi garis dan tak ada gol.

Dua menit berselang, gantian David Silva menebar ancaman untuk tim tamu. Sepakan first time-nya dari depan kotak penalti tipis saja ke samping kanan gawang.

Bernardo mendapatkan bola di depan kotak penalti dan melepaskan sepakan mendatar. Upayanya masih bisa dihentikan Schmeichel. Babak pertama berakhir imbang tanpa gol.

Sterling membuang peluang di menit ke-53, kala bola liar jatuh kepadanya di tengah kotak penalti. Meski tak terkawal ketat, sundulan Sterling melambung.

Semenit kemudian Bernardo melepaskan percobaan, yang masih melambung jauh dari gawang. Sepakan Ilkay Guendogan dari luar kotak penalti terlihat lebih mengancam, tapi masih tipis saja di sisi kiri gawang.

Serangan balik cepat Leicester nyaris berujung fatal untuk City pada menit ke-64. James Maddison menerima bola dari Harry Maguire dan melepaskan tembakan melengkung yang berakhir tipis di kanan gawang.

GOL! City memecah kebuntuan di menit ke-70. Vincent Kompany menaklukkan Schmeichel lewat tendangan keras dari luar kotak penalti, yang bersarang di pojok kanan atas gawang.

City mulai memainkan tempo permainan, tapi kemudian nyaris kecolongan di menit ke-87. Choudhury menusuk dari kiri dan memberikan umpan terukur ke Kelechi Iheanacho. Dalam posisi bebas, Iheanacho mengirim tendangan ke samping kiri gawang. Sampai pertandingan tuntas, tak ada gol lain tercipta.(dc/int)

USI