Bola

Liverpool vs Man City: Berebut Trofi Pertama

COMMUNITY Shield 2019 digelar pada akhir pekan ini. Liverpool akan berhadapan dengan Manchester City untuk memperebutkan trofi pertama di musim 2019/20.

Pertarungan Liverpool vs Man City akan dilangsungkan di Stadion Wembley, Minggu (4/8/2019) malam pukul 21.00 WIB. Pertandingan itu merupakan ‘tirai pembuka’ musim kompetitif, yang dimulai pekan depan.

The Citizens menyapu seluruh gelar domestik sepakbola Inggris: Premier League, Piala FA, dan Piala Liga pada musim lalu. Dengan situasi ini, maka Liverpool berhak tampil di Community Shield karena menyandang status sebagai runner-up liga.

City tidak terkalahkan melawan Liverpool di dua pertemuan mereka pada 2018/19, yang terjadi di Premier League. The Reds ditahan tanpa gol di Anfield, sebelum City menang tipis 2-1 di Etihad.

Duel ini akan menarik disaksikan karena kedua tim juga tidak mengalami perubahan berarti pada tim intinya. Di bursa musim panas ini, Liverpool hanya belanja minor dengan merekrut Sepp van den Berg dan Harvey Elliott, dan melepas pemain-pemain macam Daniel Sturridge, Alberto Moreno, dan Danny Ings. Sementara City mendatangkan Rodri, dan Angelino meski kehilangan bek berpengalaman Vincent Kompany dan gelandang Fabian Delph.

City telah mengoleksi lima Community Shield, dan merupakan juara bertahan. Pada tahun lalu, tim arahan Josep Guardiola itu menumpas Chelsea 2-0.

Bagi Liverpool, ini adalah Community Shield pertama sejak terakhir pada 2006. Saat itu Si Merah tampil sebagai juara setelah mengalahkan Chelsea juga dengan skor 2-1.

Head to Head

Gelar Community Shield 2019 akan diperebutkan Liverpool dengan Manchester City. Liverpool unggul head to head melawan rivalnya itu dalam 10 pertemuan terakhir.

Ini adalah pertemuan pertama Liverpool dengan City di Community Shield. Satu-satunya duel kedua tim yang dilangsungkan di Wembley adalah final Piala Liga 2016, yang dimenangi the Citizens lewat adu penalti dengan skor 3-1.

Manajer City, Pep Guardiola menderita empat kekalahan dalam delapan pertemuan dengan Liverpool di seluruh kompetisi. Tidak ada klub lebih banyak mengalahkan Guardiola dibanding Liverpool, rekor yang sama bersama Chelsea dan Real Madrid (4).

Selain itu, City akan berusaha memperbaiki rekornya melawan Liverpool. Dalam 10 pertemuan terakhir di semua kompetisi, Si Manchester Biru cuma tiga kali menang dan lima kali kalah, sedangkan dua sisanya imbang.

Meski begitu, City tidak terkalahkan di 2018/19. Dalam ajang Premier League, City mengimbangi Liverpool tanpa gol di Anfield, sebelum menang dengan skor tipis 2-1 di Etihad.

Belum Cukup Kuat

Jurgen Klopp memuji penampilan Liverpool ketika mengalahkan Lyon dengan skor 3-1 pada laga uji coba pramusim, Kamis (1/8/2019) lalu. Dia yakin permainan skuad The Reds sudah menunjukkan tanda-tanda positif.

Kemenangan itu sangat penting untuk kepercayaan diri skuad Liverpool. Setelah menelan hasil buruk pada beberapa laga berikutnya, akhirnya Liverpool berhasil menutup pramusim dengan kemenangan penting.

Minggu (4/8/2019) besok, musim Liverpool bakal dimulai dengan menghadapi Manchester City di Community Shield. Alhasil, kemenangan atas Lyon tersebut jadi modal penting untuk menatap laga tersebut
Biar begitu, Klopp tidak yakin timnya yang sekarang sudah siap mengalahkan Man City.

“Secara keseluruhan, permainan kami jauh lebih baik, tetapi sekali lagi, saya sudah pernah berkata bahwa hal ini akan terjadi. Sekarang kami punya waktu tiga hari untuk bersiap melawan Man City, dan kita lihat saja apa yang bisa kami perbuat setelah laga itu,” ujar Klopp di Liverpoolfc.com.

“Saya kira Mo (Salah) selalu bugar dan dia bisa berlari sepanjang hari, itu sangat membantu kami. Dia bisa membuka celah pertahanan lawan, anda bisa menerapkan banyak taktik – tidak selalu di antara lini.”
“Mo bisa menawarkan opsi itu dan itu sangat penting bagi kami. Bobby [Firmino] bergerak antarlini dan di dalam kotak penalti, dia hadir, itu sangat penting,” imbuhnya.

Klopp melihat ritme permainan Liverpool sudah mulai terbentuk. Sayangnya, dia tidak yakin Liverpool yang sekarang sudah siap menghadapi Man City. Bagaimanapun pasukan Pep Guardiola itu adalah juara bertahan Premier League.

“Ada banyak permainan bagus. Pada 30 menit terakhir para pemain tampil sangat solid, bermain dalam ritme apik – anda bisa melihat bahwa mereka tampak sudah bermain beberapa kali dan bagaimana mereka menyatu dengan sangat baik pada formasi itu, bagus,” lanjut Klopp.

“Jadi hari ini tentu saya gembira, tetapi saya tahu kami harus bermain jauh lebih baik jika ingin mendapatkan kesempatan mengalahkan Man City. Namun, seperti yang saya katakan, kemenangan ini langkah penting ke arah yang tepat,” pungkasnya. (dc/bn/int)