Bola

Liverpool 4-0 Barcelona: Hancur Lebur

FaseBerita.ID – Kekalahan dari Liverpool diakui Ernestvo Valverde menghancurkan Barcelona. Musim belum tuntas, masih bisakah Barcelona bangkit?

Barcelona tandang ke markas Liverpool dalam posisi yang diuntungkan setelah menang 3-0 di leg pertama. Namun mereka justru babak belur.

Bertanding di Anfield pada leg kedua semifinal Liga Champions, Rabu (8/5) dinihari, Barcelona kalah telak 0-4. Mereka pun tersingkir dengan agregat 3-4.

Kekalahan ini mengulang mimpi buruk Barcelona pada musim lalu meski sudah punya keunggulan 4-1 atas AS Rona dari leg pertama perempatfinal. Pada leg kedua, mereka kalah 0-3 dan tersingkir.

Kekalahan dari Liverpool juga mengakhiri mimpi treble Barcelona. Setelah mengamankan gelar Liga Spanyol, Lionel Messi dkk juga masih bisa memenangi Copa del Rey yang finalnya akan digelar pada 25 Mei.

Valverde tak menampik akan ada rasa sesal yang menyelimuti Barcelona. Namun bagaimanapun Barcelona harus menuntaskan musim sebaik mungkin. Selain ditunggu final Copa del Rey melawan Valencia, Blaugrana juga masih harus memainkan dua laga sisa di Liga Spanyol.

“Anda akan menderita, fans juga demikian. Seperti itulah. Kami tidak menduga situasinya akan seperti ini,” ujar Valverde seperti dilansir Sky Sports.

“Anda harus melewati rasa penyesalan ini dan sebentar lagi akhir musim. Kami masih harus bertanding di Copa del Rey dan kami harus benar-benar mengakhiri musim dengan baik setelah ini.”

“Tapi saat ini kami hancur, ini sangat buruk,” katanya menegaskan.

Busquets Minta Maaf

Sergio Busquets meminta maaf usai Barcelona disingkirkan Liverpool dari Liga Champions. Menurutnya hal tersebut cukup pahit setelah mereka unggul menyakinkan di leg pertama.

Mengantongi keunggulan 3-0 di leg pertama semifinal Liga Champions ternyata tak menjamin Barcelona bakal melaju mulus ke partai final. Mereka justru secara mengejutkan dihentikan Liverpool.

Hal itu terjadi usai Blaugrana kalah 0-4 di Anfield pada leg kedua, Rabu (8/5) dinihari. Secara agregat Si Merah unggul 4-3 atas skuat Ernesto Valverde.

Empat gol Liverpool ke gawang Marc-Andre Ter Stegen diciptakan masing-masing dua gol oleh Divock Origi dan Giorginio Wijnaldum. Kegagalan Barcelona tersebut membuat mereka dua musim berturut harus tersingkir dari ajang Liga Champions meski pada leg pertama berhasil menang besar di Camp Nou.

Pada musim lalu, langkah Barca di ajang ini terhenti oleh AS Roma di perempat final. Saat itu Blaugrana mampu menang 4-1 di kandang. Namun pada leg kedua mereka takluk 0-3 di Olimpico dan tersingkir akibat kalah produktivitas gol di kandang lawan.

Hasil pahit yang kembali harus ditelan Barcelona di ajang Si Kuping Besar membuat Busquets meminta maaf kepada pada suporter. Gelandang asal Spanyol ini mengungkapkan Liverpool tampil lebih baik dan lebih cerdas daripada timnya.

“Mereka lebih baik dari kita. Aku minta maaf. Setelah apa yang terjadi di Roma, ini terjadi lagi. Berat untuk tersingkir seperti ini setelah hasil leg pertama,” tutur Busquets dilansir dari Sportskeeda.

“Liverpool lebih pintar dari kami, mereka lebih cepat. Saya pikir kami memiliki peluang untuk mencetak gol yang kami butuhkan, tetapi itu tidak bisa kami lakukan hari ini,” ujarnya menambahkan.

Kekalahan di Anfield juga dipastikan mengubur impian Barcelona meraih treble di musim ini. Skuat Ernesto Valverde sebelumnya telah meraih gelar Laliga dan kini mereka tinggal berharap bisas mengalahkan Valencia di final Copa del Rey. (dc/int)

USI