Bola

Leipzig vs Atletico: Demi Ambisi

FaseBerita.ID – Pertandingan antara RB Leipzig vs Atletico Madrid akan berlangsung di Estadio Jose Alvalade (Lisbon). RB Leipzig akan menghadapi Atletico Madrid dalam laga Perempat Final UEFA Champions League 2019/20, Jumat (14/8) pukul 02.00 WIB.

RB Leipzig melaju ke babak Perempat Final ini setelah mengalahkan Tottenham Hotspur pada babak 16 besar. Sedangkan, Atletico Madrid melaju ke babak Perempat Final ini setelah mengalahkan Liverpool pada babak sebelumnya.

Mengingat pandemi virus corona sedang mewabah di Eropa maka Perempat Final UEFA Champions League ini sendiri berlangsung di tempat netral dan akan digelar satu leg saja alias sistem gugur.

Pada laga terakhirnya, RB Leipzig bermain imbang di ajang Club Friendly saat menghadapi Wolfsburg dengan skor 1-1 padaKamis 30/07 lalu. Dengan hasil imbang tersebut, RB Leipzig hanya menelan 1 kekalahan dalam 5 laga terakhirnya di semua ajang (M2 S2 K1).

Sementara itu, pada laga terakhirnya Atletico Madrid juga bermain imbang saat menghadapi Real Sociedad di liga domestik dengan skor 1-1 pada Senin 20/07 lalu. Dengan hasil imbang tersebut, Atletico Madrid tanpa menelan kekalahan dalam 5 laga terakhirnya di ajang LaLiga (M3 S2 K0).

Ini akan menjadi pertemuan kompetitif pertama antara RB Leipzig dan Atlético Madrid. Ini juga pertama kalinya RB Leipzig menghadapi klub asal Spanyol di kompetisi UEFA Champions League.

Atlético Madrid telah mencapai perempat final UEFA Champions League untuk kelima kalinya dalam tujuh musim terakhir, prestasi yang hanya diunggulkan oleh Barcelona dan Bayern Munich pada periode yang sama.

Sementara itu, ini merupakan pengalaman pertama RB Leipzig di fase knockout kompetisi tersebut.

Atlético Madrid selalu melaju melawan tim lawan Jerman di babak sistem gugur UEFA Champions League (vs Leverkusen pada 2014/15 dan 2016/17; vs Bayern Munich pada 2015/16). Di era Piala Eropa (pra-1992/93), satu-satunya saat mereka tidak menang adalah di final 1974 melawan Bayern Munich (1-1; replay 0-4).

Tak satu pun dari 14 pertandingan RB Leipzig di UEFA Champions League berakhir imbang tanpa gol. Mereka menjaga clean sheet dalam tiga dari lima pertandingan terakhir mereka, setelah gagal mempertahankan satu pun dari sembilan pertandingan sebelumnya.

Empat dari delapan gol terakhir RB Leipzig di UEFA Champions League berasal dari titik penalti. Faktanya, hanya Atalanta (5) yang mendapat keuntungan dari lebih banyak penalti daripada Leipzig (4) di kompetisi musim ini. (pmci)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button