Bola

Dua Lagi, Nerazzurri

INTER Milan terus menjaga asa mereka menyudahi musim di klasemen empat besar. Dua ujian terakhir bakal dihadapi Nerazzurri; Napoli dan Empoli.

Inter mendapat tekanan hebat untuk bisa meraih tiga poin saat menjamu Chievo di Giuseppe Meazza, Selasa (14/5) dinihari. Pasalnya para pesaing mereka seperti Atalanta, AC Milan, AS Roma, Torino, dan Lazio menang.

Dengan persaingan yang makin ketat di dua pekan tersisa, maka Inter tak boleh lagi kehilangan angka. Apalagi dalam lima pertandingan terakhirnya, Inter cuma menang sekali dan imbang empat kali.

Posisi tiga yang awalnya nyaman diduduki Inter kini sudah didekati Atalanta yang bermain begitu impresif belakangan ini. Tapi, Inter menjawab tekanan itu lewat kemenangan 2-0 atas Chievo lewat gol-gol Mateo Politano serta Ivan Perisic.

“Saya melihat kedewasaan, ketenangan, ketajaman, dan kewaspadaan dari para pemain untuk tidak berbuat kebodihan, karena biasanya ketika buntu, Anda bisa bisa hilang kendali dan terlalu ambil risiko,” ujar pelatih Inter Luciano Spalletti seperti dikutip Football-Italia.

“Kami tetap terorgansiri, saya rasa kami harus tampil seperti itu dan membuat banyak peluang, sekalipun kami kesulitan untuk bisa mengunci hasil secepatnya,” sambungnya.

Inter kembali ke posisi ketiga klasemen dengan 66 poin dari 36 laga. Dua ujian terakhir harus dilewati dengan yang terberat saat melawat ke San Paolo pekan depan untuk bertemu Napoli sebelum menjamu Empoli di pekan terakhir.

Satu kemenangan dari dua laga tersisa sebenarnya cukup mengantarkan Inter finis empat besar. Ini bisa jadi hadiah setelah musim yang sulit untuk La Beneamata.

“Sudah pasti akan banyak ruang nantinya saat menghadapi Napoli, tempo lebih tinggi dan mereka akan menyerang kami. Kami harus berusaha keras untuk bisa lepas dari tekanan Chievo di lapangan tengah dan Anda harus tampil presisi untuk bisa lepas dari situasi tersebut.”

Jalan pertandingan

Menguasai jalannya laga sedari peluit berbunyi, Inter mengalami kesulitan untuk membongkar pertahanan Chievo yang begitu ketat. Mauro Icardi yang dipasang sebagai striker jarang mendapat peluang emas.

Padahal trio Ivan Perisic, Mateo Politano, dan Radja Nainggolan yang berada dalam formasi tiga gelandang serang begitu aktif menekan pertahanan lawan. Para pemain belakang Chievo bermain rapat dan kompak sehingga membuat Icardi dkk frustrasi.

Satu peluang didapat Milan Skriniar pada menit ke-15 bola free kick Cedric Soares disundul olehnya, tapi sayang masih melebar dari sasaran.

Pada menit ke-28 Perisic mendapat umpan dari Kwadwo Asamoah. Meski berada di sudut sempit, Perisic bisa melepaskan tembakan yang ditepis oleh Adrian Semper.

Kebuntuan akhirnya pecah juga pada menit ke-39 setelah Politano mencatatkan namanya di papan skor. Bola liar di depan kotak penalti Chievo mengarah ke Politano dan dia langsung menembak dengan kaki kirinya. Sempat membentur tiang, bola akhirnya masuk ke gawang.

Skor 1-0 untuk keunggulan Inter bertahan hingga turun minum.

Chievo coba menekan begitu babak kedua dimulai. Satu peluang didapat oleh Emmanuel Vignato pada menit ke-53. Tapi, bola sepakan melengkungnya masih melebar dari sasaran.

Dua menit berselang, Semper menggagalkan dua peluang. Pertama dari usaha sepakan Politano yang berhasil ditepisnya dan bola rebound kemudian disambar Perisic. Tapi, Semper dengan cepat mengadang lagi bola sepakan voli Perisic.

Pada menit ke-64, Inter lagi-lagi gagal memaksimalkan peluang yang didapat ketikat tiang gawang menggagalkan usaha Perisic lewat sepakan melengkung.

Chievo lantas kehilangan Nicola Rigoni pada menit ke-76 setelah dia mendapat kartu kuning. Unggul jumlah pemain coba dimanfaatkan Inter dengan terus menekan pertahanan tim tamu.

Gol kedua yang ditunggu-tunggu datang juga pada menit ke-86. Cedric menusuk dari sisi kanan dan menembak ke gawang. Semper menepisnya, tapi Perisic langsung menyontek bola rebound untuk mengubah skor jadi 2-0. Hingga laga berakhir, kemenangan Inter tetap bertahan.(dc/int)

Susunan pemain

Inter:

Handanovic; Cedric, Skriniar, Miranda, Asamoah; Vecino (Gagliardini 65′), Borja Valero; Politano (Candreva 62′), Nainggolan, Perisic; Icardi (Lautaro Martinez 79′).

Chievo:

Semper; Tomovic, Cesar (Jaroszynski 78′), Bani; Depaoli, Rigoni, Hetemaj, Leris; Vignato (Pellissier 80′); Meggiorini, Grubac (Kiyine 51′).

USI