Bola

Chelsea ke Final Setelah Hempaskan MU 

FaseBerita.ID– Chelsea melaju ke final Piala FA 2019/20. Bertemu Manchester United di semifinal, The Blues menang 3-1.

Di Wembley, Senin (20/7/2020) WIB, gol-gol kemenangan skuad asuhan Frank Lampard dicetak oleh Olivier Giroud (45+11′), Mason Mount (46′), dan bunuh diri Harry Maguire (74′). Sedangkan gol hiburan untuk MU hadir dari penalti Bruno Fernandes (85′).

Dengan hasil ini, duel derby London pun tercipta di final pada 1 Agustus mendatang. Chelsea akan menantang Arsenal yang sehari sebelumnya menang 2-0 atas Manchester City.

Kesempatan pertama datang untuk Chelsea di menit ke-9. Mendapat ruang kosong di depan kotak penalti MU, Reece James melepaskan tembakan jarak jauh, namun masih bisa dimentahkan David De Gea.

Menit ke-15, Chelsea kembali membuang peluang emas. Cesar Azpilicueta melepaskan crossing tajam yang berhasil disambut Marcos Alonso, namun sundulannya masih melambung di atas mistar gawang.

MU akhirnya mendapat peluang pertama di menit ke-32. Pelanggaran Mateo Kovacic kepada Fred menghasilkan tendangan bebas di depan kotak penalti Chelsea. Fernandes maju sabagai eksekutor, namun kiper The Blues, Willy Caballero, berhasil menghalau tembakannya.

Semenit kemudian, Chelsea menekan lagi lewat Mason Mount, namun gagal mencetak gol setelah tembakannya dihalau De Gea.

GOL! Chelsea membuka keunggulan di injury time. Crossing Azpilicueta berhasil disontek oleh Giroud ke gawang MU. De Gea berhasil menepisnya, namun bola tetap bergulir masuk ke gawang. Skor 1-0 untuk Chelsea menjadi penutup babak pertama.

Babak kedua dimulai, Chelsea langsung tancap gas. Mereka mencetak gol kedua di menit ke-46. Berawal dari blunder Brandon Williams, Mount berhasil menguasai bola dan melepaskan tembakan jarak jauh. Bola lagi-lagi dalam jangkauan De Gea, namun tepisannya malah masuk ke dalam gawang.

Tertinggal dua gol, MU mencoba keluar dari tekanan. Marcus Rashford hampir saja memperkecil ketertinggalan, namun tendangannya dari sisi kiri di menit ke-53 masih melebar. Dua menit berselang, sundulan Harry Maguire masih bisa ditangkap Caballero.

Chelsea hampir saja mencetak gol ketiga di menit ke-58, andai sepakan Giroud yang memanfaatkan umpan Alonso tak diselamatkan De Gea.

MU balik menekan di menit ke-65. Sepak pojok Fernandes berhasil disambut Maguire, tapi sundulannya melebar.

Alih-alih memperkecil ketertinggalan, derita MU semakin bertambah di menit ke-74. Crossing Alonso dari sisi kiri pertahanan MU coba dihalau Maguire, namun bola malah bersarang di gawang sendiri. GOL! 3-0 untuk Chelsea.

MU sempat mendapat harapan di menit ke-85. Pelanggaran Callum Hudson-Odoi terhadap Anthony Martial di kotak penalti Chelsea membuat wasit menunjuk titik putih.

Bruno Fernandes yang maju sebagai eksekutor berhasil menjalankan tugasnya. Skor menjadi 1-3 untuk Chelsea.

Hingga peluit panjang, tak ada lagi gol yang tercipta, dan Chelsea keluar sebagai pemenang.

Susunan pemain

Manchester United: De Gea, Lindelof, Bailly (Martial 45+2′), Maguire, Wan-Bissaka (Fosu-Mensah 79′), Matic, Fred (Pogba 55′), Williams, Fernandes, James (Greenwood 56′), Rashford (Ighalo 79′).

Chelsea: Caballero, Zouma, Ruediger, Azpilicueta, Alonso, Jorginho, Kovacic (Loftus-Cheek 86′), James, Mount (Pedro 90+1′), Giroud (Abraham 80′), Willian (Hudson-Odoi 80′). (fi/int)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button