Bola

Chelsea 3-0 Watford: Aman di Empat Besar

FaseBerita.ID – Chelsea sudah mengamankan tiket Liga Champions musim depan dari empat besar Liga Inggris. Kini, The Blues tinggal memastikan bisa meraih trofi dari Liga Europa.

Kemenangan 3-0 atas Watford di Stamford Bridge, Minggu (5/5), plus Arsenal yang tertahan imbang 1-1 dengan Brighton & Hove Albion, membuat Chelsea memastikan diri bakal finis di dalam posisi empat besar.

Chelsea kini mengoleksi 71 poin di peringkat tiga, di atas Tottenham Hotspur (70) dan Arsenal (67) di posisi empat dan lima. Dengan menyisakan satu pertandingan lagi, posisi Eden Hazard dkk takkan tergusur dari empat empat besar. Satu tiket Liga Champions kini tinggal direbutkan Tottenham dan Arsenal.

Chelsea sendiri sedianya masih punya jalur lain ke Liga Champions, yakni lewat Liga Europa. Saat ini, pasukan Biru London sudah menjejak semifinal dan menghadapi Eintracht Frankfurt, dengan leg pertama berakhir 1-1.

Manajer Chelsea, Maurizio Sarri, menyebut Chelsea tetap membutuhkan trofi Liga Europa kendati sudah memastikan berlaga di Liga Champions musim depan. Ia menyebut trofi tetap menjadi target timnya di sisa musim.

“Kami ingin berada, di akhir Liga Premier, di posisi empat besar karena kami ingin bermain di Liga Champions,” kata Sarri dilansir Evening Standard.

“Kami mempertimbangkan Liga Eropa dengan cara yang berbeda: ini adalah kompetisi yang sangat penting yang kami ingin menangkannya karena merasa pantas memenangkan trofi musim ini. Jadi kami memiliki dua target,” jelasnya.

Jalan Pertandingan

Di menit awal babak pertama, Watford berani tampil terbuka untuk mengimbangi tuan rumah. Mereka bahkan lebih banyak menekan kubu Chelsea di 10 menit pertama.

Pada menit ke-8, The Hornets punya peluang emas untuk membuka gol. Berawal dari bola liar hasil sepak pojok, Jose Holebas melepas umpan silang dari sisi kiri ke kotak penalti The Blues.

Bola berhasil disundul Troy Deeney ke pojok kanan gawang Chelsea. Namun Kepa Arizzabalaga dengan gemilang terbang untuk menepis bola.

Tak ingin terus tertekan anak asuhan Maurizio Sarri berusaha membalas pada menit ke-15. Lewat sebuah serangan dari sisi kanan, Jorginho melepas sepakan lob.

Arah bola sempat menyulitkan Ben Foster, tapi kiper asal Inggris dengan sigap mampu mengusai bola yang sempat tak sempurna ia tangkap. Di menit ke- 23, Jorginho kembali menjadi motor serangan Chelsea untuk membahayakan gawang tim tamu.

Usai merebut bola dari lini tengah, ia menggiring bola sebentar sebelum melepas umpan panjang ke Eden Hazard yang berdiri bebas di kotak penalti.

Bola tak mampu dikontrol dengan sempurna oleh pemain asal Belgia ini, sehingga Foster dengan cepat keluar dari sarangnya untuk mengamankan bola.

Menjelang babak pertama usai, Chelsea yang mulai mendominasi laga mampu mengurung lini pertahanan Watford. Namun kedisiplinan anak asuhan Javi Gracia menjaga daerahnya membuat skor tetap 0-0 hingga jeda.

Di babak kedua, Chelsea langsung mengambil inisiatif menyerang. Hasilnya pada menit ke-48 mereka berhasil mencetak gol perdana di laga ini.

Lewat sebuah skema sepak pojok dari sisi kanan, Hazard mengirim umpan pendek ke Pedro yang mengembalikan bola kepadanya. Pemilik nomor 10 Chelsea ini lalu melepas umpan silang ke kotak penalti yang diteruskan dengan sundulan oleh Ruben Loftus-Cheek untuk memperdayai Foster.

Chelsea berhasil menggandakan kedudukan tiga menit berselang lewat proses yang nyaris serupa dengan gol pertama. Kali ini, umpan sepak pojok Hazard dari sisi kanan mampu disambar oleh sundulan David Luiz yang menggetarkan jala Watford.

Chelsea semakin menjauh pada menit ke-75 melalui gol Gonzalo Higuain. Pemain asal Argentina ini dengan tenang menuntaskan umpan terobosan Pedro melalui sepakan mendatar ke arah kanan gawang tim tamu.

Di 15 menit terakhir laga tak ada gol tambahan yang diciptakan kedua kubu. Kondisi ini membuat skor 3-0 untuk Chelsea bertahan hingga laga usai. (dc/int)

USI