Bola

Brighton vs Man City: Penentu Juara

FaseBerita.ID – Pertandingan antara Brighton Albion melawan Manchester City pada Liga Inggris pekan ke-38 akan dilangsungkan di Stadion Amex, Minggu (12/5) malam.

Satu kemenangan lagi bagi skuad Pep Guardiola dan mereka akan mengangkat trofi untuk kedua kalinya secara beruntun. Ini merupakan sebuah rekor tersendiri karena baru pertama di Inggris dalam sepuluh tahun terakhir.

Namun, usaha itu mendapat tekanan kuat dari Liverpool yang hingga saat ini masih menempel ketat dengan jarak satu poin saja. Dan ini adalah pertama kalinya dalam sejarah Liga Inggris ada dua tim meraih 94 poin lebih dan masih belum tahu siapa yang akan jadi juaranya.

Manchester City perlu memberikan satu kemenangan lagi guna mempertahankan gelarnya. Sulit untuk melihat mereka kalah setelah bekerja tanpa lelah. Dan, juara atau tidaknya The Blues, bergantung pada hasil mereka sendiri. Tidak seperti Liverpool yang mendoakan Manchester City kehilangan poin di pertandingan terakhir.

The Skyblues hampir selalu menang melawan Brighton, dan itu akan menjadi rekor kemenangan 100 persen jika bukan karena sebuah hasil imbang dalam laga kompetisi piala sebelas tahun yang lalu. Manchester City telah mencetak dua gol atau lebih dalam setiap pertemuan liga lawan Brighton, dan tim telah memenangkan 28 dari 30 laga terkininya, dan 13 dari 15 tandang teranyarnya.

Di sisi lain, Brighton aman dari zona degradasi dan menganggap diri mereka beruntung karena masa depan mereka tidak bergantung pada pertandingan terakhir melawan sang juara bertahan, Manchester City. Brighton gagal menang dalam 10 laga terbarunya dan kalah enam kali. Mereka juga tidak menang dalam delapan dari sepuluh laga kandang terkininya.

Tak Ada Mukjizat?
Eks gelandang Arsenal Paul Merson menyebut mustahil bagi Brighton untuk bisa membuat kejutan saat menjamu Manchester City. Hal itu karena City sendiri berpeluang lebih besar untuk jadi juara. Sebab mereka unggul satu angka dari The Reds.

Liverpool sendiri berpeluang juara. Asalkan City gagal menang atas brighton sementara mereka bisa mengalahkan Wolverhampton.

Merson menyinggung dua laga semifinal Liga Champions yang baru saja dilangsungkan tengah pekan ini. Dua laga itu menunjukkan bahwa Liverpool dan Tottenham bisa lolos ke final meski sebelumnya banyak yang menilai peluang mereka terbang ke Madrid sangat tipis.

Namun Merson mengatakan, Brighton tak akan bisa membuat mukjizat serupa saat berjumpa dengan City. Sebab kelas mereka beda jauh dengan kedua tim top di Premier League tersebut.

“Saya tidak bisa melihat Man City tidak menang. Tidak ada yang mengejutkan saya dalam sepakbola setelah Liga Champions pekan ini,” ujarnya pada Sky Sports.

“Tetapi ketika Anda melihat pekan ini, dua tim yang melakukan comeback adalah tim yang sangat bagus, dengan pemain yang sangat bagus. Meskipun itu adalah mukjizat, orang akan mengatakan mukjizat terjadi, Brighton memiliki kesempatan, mereka tidak sekelas para pemain yang melakukan apa yang mereka lakukan pekan ini,” cetusnya.

Merson menambahkan, belakangan ini City memang tampak kesulitan untuk bisa meraih kemenangan. Namun demikian ia merasa untuk laga ini mereka akan bisa menang dengan mudah.

“Mereka bisa memaksakan kemenangan. Pada awal musim mereka bisa menang dengan mudah melawan banyak tim, sekarang mereka tidak lagi seperti itu tetapi mereka bisa tetap meraih clean sheet, sulit untuk dikalahkan dan mencetak gol,” tuturnya.

“Ada sedikit kepanikan dengan Man City pada hari Senin. Bukannya tidak hormat tetapi tembakan Vincent Kompany seharusnya sudah melambung 50 meter! Tetapi mereka harusnya baik-baik saja,” cetusnya. Merson mengakhiri prediksinya dengan mengatakan pasukan Josep Guardiola itu akan menang besar. (gb/bn/int)

USI