Bola

Brasil vs Argentina: Jangan Lengah

PERTANDINGAN semifinal Copa America 2019 akan menyajikan laga besar antara Brasil vs Argentina di Stadion Estadio Governador Magalhaes Pinto, Brasil, Rabu (3/7/2019). Laga akan berlangsung mulai 07.30 WIB.

Brasil, yang tak diperkuat Neymar karena cedera, tampil mengesankan sejak babak grup. Mereka akan berusaha menjaga momentum saat melawan Argentina nanti, sekaligus menjaga peluang meraih gelar juara yang kesembilan, atau yang pertama kali sejak 2007.

Brasil diprediksi akan menurunkan Everton sejak awal laga. Pemain Gremio berusia 23 tahun ini kerap menunjukan tajinya sejak awal Copa America 2019 bergulir. Berdasarkan catatan Whoscored, Everton sudah membuat dua gol dari dua laga yang sudah dijalaninya sejauh ini. Bahkan ia mendulang nilai sampai 7,66.

Di sisi lain Argentina yang dihuni pemain-pemain bintang, termasuk Lionel Messi, tampil kurang meyakinkan di babak-babak sebelumnya. Tapi melawan rival abadi di laga ini, motivasi pemain dipastikan akan meningkat berkali lipat. Apalagi Argentina tengah mengejar gelar yang ke-15, atau yang pertama sejak 1993.

Argentina adalah Lionel Messi. Hal itu masih sulit dibantahkan. Karena performa Messi kurang cemerlang di awal turnamen ini, Tim Tango pun kedodoran.

Meski belum mampu menunjukkan kecemerlangannya, Messi masih mampu membukukan nilai tertinggi berdasarkan Whoscored (7,19) dibanding rekan-rekannya di Timnas Argentina.

Timnas Brasil berhadapan dengan Argentina di babak semifinal Copa America 2019. Keberadaan Lionel Messi di tim Tango membuat tim Samba waspada penuh.

Sejauh ini Argentina sudah kebobolan tiga gol. Kolombia membobol gawang tim asuhan Lionel Scaloni itu dua kali. Satu gol lainnya diderita saat ditahan Paraguay 1-1.

Kontribusi Messi untuk Argentina di ajang Copa America 2019 juga masih minim. Dia membukukannya di saat Argentina melawan Paraguay, itupun dicetak dengan tendangan penalti.

Menjelang melawan Argentina, eks pemain timnas Brasil, Rivaldo, mengingatkan Philippe Coutinho cs agar tak lengah utamanya pada Messi. “Saat anda memiliki Messi…semuanya mungkin,” kata Rivaldo seperti dilansir oleh Marca.

“Messi melangkah ke dalam pertandingan besar ini, saat Argentina sangat membutuhkannya dan Leo tahu caranya merespons tantangan ini,” dia menambahkan.

Brasil Takkan Terlena

Thiago Silva tak akan terlena meski Lionel Messi tak dalam performa terbaiknya. Ia tetap mewaspadai magi La Pulga di semifinal Copa America 2019.

Messi sepanjang gelaran Copa America 2019 mendapatkan banyak kritik. Ia dianggap belum menampilkan performa terbaiknya, meski Argentina sukses melaju ke semifinal.

Ia hanya mampu mengemas satu gol dari empat laga, yakni lewat titik putih saat Tim Tango bermain imbang 1-1 dengan Paraguay di laga kedua Grup B.

Statistik buruk Messi saat ini enggan dijadikan patokan Silva jelang laga Brasil kontra Argentina di semifinal Copa America 2019. Menurutnya pemain 32 tahun tetaplah menjadi ancaman utama Selecao dalam pertandingan yang digelar 2 Juli.

“Messi adalah pemain terhebat dalam sejarah yang pernah saya lihat. Tapi sekarang, saat Brasil berjumpa Argentina. Kami harus simpan rasa kagum itu dulu karena ada pertandingan yang penting,” kata Silva dikutip dari Sportskeeda.

“Setiap kali kami saling berhadapan, apakah di tim nasional atau di Liga Champions, selalu sangat sulit untuk menghadapinya. Tidak peduli seberapa banyak Anda mempelajari permainannya, kamu tidak akan pernah mengerti kualitas yang dimilikinya dan perbedaan yang bisa ia buat,” ujarnya menambahkan.

Silva merasa Messi layaknya seorang penyihir. Maka dari itu, ia bakal waspada jika magi La Pulga yang hilang di laga-laga sebelumnya tiba-tiba muncul saat jumpa Brasil.

“Pada waktu-waktu tertentu, dia bisa saja mengeluarkan sihir yang tidak bisa kamu bayangkan. Itulah mengapai ia bisa membuat perbedaan,” ungkap Silva.

“Sebagai bek tengah, kamu harus mempelajari semua kemungkinan yang ada. Kami tahu dia selalu menekan dari sisi kiri, tetapi berkali-kali juga melakukannya dari sisi kanan,” demikian dia. (tem/dc/int)

Prakiraan Pemain:
Brasil (4-3-3):
Alisson Becker; Dani Alves, Marquinhos, Thiago Silva, Filipe Luis; Arthur, Allan, Philippe Coutinho; Gabriel Jesus, Roberto Firmino, Everton.

Argentina (4-3-1-2):
Franco Armani; Nicolas Otamendi, Nicolas Tagliafico, German Pezzella, Juan Foyth; Leandro Paredes, Rodrigo de Paul, Marcos Acuna; Lionel Messi; Paulo Dybala, Lautaro Martinez.