Bola

Barcelona vs Inter Milan: Camp Nou Membara

Liga Champions tengah pekan ini menghadirkan duel seru di Camp Nou. Barcelona yang tak stabil ditantang Inter Milan, Kamis (3/10/2019) dinihari.

Inter sedang dalam tren positif di liga dengan catatan sempurna di enam pertandingan awal. Barcelona justru dalam situasi yang tak konsisten, terlebih Lionel Messi masih dihantui cedera. Menarik untuk ditunggu duel Liga Champions pada tengah pekan ini. Apakah bakal ada kejutan atau tidak?

Seperti diketahui, Lionel Messi punya catatan buruk kala jumpa Inter Milan. Kehebatan La Pulga seakan lenyap ketika menghadapi Si Ular dengan belum sekalipun membukukan gol. Di lagan anti, Blaugrana kemungkinan besar sudah bisa diperkuat kembali oleh Messi.

Mega bintang asal Argentina itu sudah kembali berlatih bersama skuat Blaugrana usai pulih dari cedera abduktor. Cedera tersebut sempat membuatnya absen di laga kontra Getafe akhir pekan lalu.

Menghadapi Inter, Messi punya catatan buruk. Ia belum pernah sekalipun membobol gawang Nerrazuri.

Barcelona sudah enam kali berjumpa Inter sejak Messi mencacatkan debut bersama El Barca 2004 silam. Dari enam laga tersebut, Messi tampil tiga kali.

Tiga pertemuan tersebut semuanya terjadi pada Liga Champions musim 2009/2010. Laga pertama Messi bersua Inter terjadi di fase Grup kala kedua tim bermain imbang 0-0 di Giussepe Meazza.

Kedua tim kemudian kembali bertemu di semifinal. Messi mati kutu di dua leg pada babak ini.

Messi tak mampu berbuat banyak saat Barcelona kalah 1-3 di kandang Inter pada leg pertama. Saat laga di Camp Nou, Esteban Cambiasso mampu mematikan pemain asal Argentina ini. Hal tersebut membuat Barcelona hanya mampu menang 1-0 lewat gol tunggal Gerard Pique.

Pada Musim lalu, Inter dan Barcelona sebenarnya juga berada dalam satu grup di ajang Liga Champions. Namun Messi tak sekalipun bermain saat melawan tim asal Milan ini karena menderita cedera bahu.

Messi seperti kehilangan kehebatannya kala jumpa Inter, layaknya Superman saat bertemu Kryptonite. Patut kita nantikan apakah pemain 32 ini bisa memutus catatan buruknya di atas atau dirinya masih akan mejan.

Tak Boleh Buang Peluang

Alexis Sanchez tahu betul laga melawan Barcelona tak akan mudah untuk Inter Milan. Karena itu, Inter diingatkan agar memaksimalkan setiap peluang yang didapat.

Inter memburu kemenangan usai gagal dapat poin penuh di pertandingan pertama. Menghadapi Slavia Praha di matchday 1, Nerazzurri dipaksa bermain imbang 1-1.

Sanchez, yang juga merupakan mantan pemain Barcelona, tahu persis tantangan yang akan dihadapi Inter di kandang bekas klubnya itu. Pemain asal Chile itu pun mewanti-wanti agar Inter tidak gampang membuang peluang.

“Di kandang, mereka sangat kuat. Mereka punya kepercayaan diri untuk bermain di sana,” ujar Sanchez dalam wawancara dengan UEFA seperti dilansir Sport.

“Kalau kami punya satu atau dua peluang, kami tidak boleh menyia-nyiakannya. Saya pernah main di sana bersama MU dan kami membuang tiga atau empat peluang bersih.”

“Kemudian mereka punya satu atau dua peluang, itu jadi gol, dan Anda tertinggal 0-3. Kalau mau mengalahkan Barcelona, Anda tidak boleh menyia-nyiakan peluang apapun,” katanya.

Batasi Ruang Gerak Lawan

Inter Milan akan menghadapi Barcelona di lanjutan Liga Champions. Inter dituntut menjaga intensitas plus membatasi ruang gerak Barcelona.

Menghadapi lagan anti, Inter bermodalkan laju mulu usai tidak terkalahkan di tujuh pertandingan di semua kompetisi, termasuk enam pertandingan pertama Liga Italia.

Sementara itu, Barca justru sedang naik-turun karena baru mendulang empat kemenangan dan sudah dua kali kalah dalam delapan laga di seluruh kompetisi. Meski begitu, Blaugrana tetap bukan lawan mudah bagi Inter, terlebih melihat sejarah.

Inter hanya bisa sekali menang dan menderita tiga kekalahan dalam enam pertemuan terakhir kedua klub sejak 2009. Tiga kekalahan itu seluruhnya diterima di Catalan.

Tiga poin sama-sama menjadi incaran Inter maupun Barca setelah sama-sama cuma meraih satu poin usai seri di matchday pertama. Pelatih Inter Antonio Conte mewanti-wanti pasukannya.

“Kami perlu mengembalikan energi kami untuk membuat sebuah pertandingan yang intens sehingga bisa menyulitkan Barca,” Conte mengatakan dikutip Omnisport. “Saya tidak perlu mengatakan kepada Anda tentang lawan kami.”

“Kalau Anda ingin menyulitkan Barcelona, Anda harus memainkan sebuah pertandingan yang intens, tapi sekaligus mesti bisa membatasi dan tidak membiarkan mereka bermain, kalau tidak akan menjadi masalah.” (dc/int)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close