Bola

Barcelona 1-0 Levante: Gelar ke-26

FaseBerita.ID – Barcelona mengunci gelar juara Liga Spanyol 2018/2019. Los Cules memastikannya dengan meraih kemenangan atas Levante.

Dalam pertandingan di Camp Nou, Minggu (28/4) dinihari, Barcelona memetik kemenangan atas Levante dengan skor akhir 1-0.

Sempat tertahan di babak pertama, pemain pengganti, Lionel Messi menjadi pencetak gol kemenangan tim asuhan Erneso Valverde. Gol dengan tendangan kaki kiri itu tercipta pada menit ke-62.

Dengan tambahan tiga poin ini, Barcelona mengumpulkan 83 poin. Poin mereka memang bisa disamai oleh Atletico Madrid dengan tiga laga sisa, tapi Blaugrana unggul head-to-head dari Los Colchoneros.

Barcelona pun mengoleksi gelar LaLiga yang ke-26 di sepanjang berdirinya klub. Mereka berhasil mempertahankan gelar juara yang didapat musim lalu.

Jalan Pertandingan

Dalam pertandingan di Camp Nou, Minggu (28/4) dinihari, Barcelona tak menurunkan Messi sejak awal. Luis Suarez, Ousmane Dembele, dan Philippe Coutinho yang dipasrahi mengisi barisan depan. Suarez melakukan percobaan pada menit kedua dan ketiga. Semuanya belum membuahkan hasil.

Tendangan jarak jauh Coutinho pada menit kelima cuma berbuah tendangan sudut. Beberapa saat kemudian, sundulan Clement Lenglet meneruskan umpan silang Coutinho masih melebar.

Peluang Barca pada menit ke-21 masih belum berbuah gol. Suarez menerima bola sodoran Coutinho, lalu melakukan penetrasi ke kotak penalti. Saat sudah berhadapan dengan kiper, bola bisa ditekel dari Suarez hingga membelokkan tendangan pemain asal Uruguay itu.

Kiper Levante, Aitor Fernandez, dua kali menggagalkan percobaan Coutinho. Tendangan pemain nomor punggung tujuh itu pada menit ke-25 bisa ditangkap. Sama halnya dengan sundulan Coutinho dari jarak dekat semenit kemudian.

Coutinho masih belum menyerah. Tembakan jarak jauhnya pada menit ke-27 masih tepat mengarah ke pelukan Fernandez.

Vidal! Pemain asal Chile itu melakukan tendangan jarak jauh pada menit ke-37. Belum membawa keunggulan untuk Barca. Arah bola tendangannya masih sedikit menyamping ke kanan dari gawang Levante.

Tendangan bebas Coutinho pada menit ke-41 masih membentur mistar! Hingga turun minum tak ada gol, skor masih sama kuat saat jeda.

Ernesto Valverde melakukan pergantian di awal babak kedua. Lionel Messi masuk, Coutinho keluar. Lima menit bermain, Messi langsung mengancam. Tendangannya dari luar kotak penalti masih belum bisa membuahkan hasil.

Hingga menit ke-55, Levante belum bisa mengancam. Belum ada tembakan yang mereka lepaskan.

Pertahanan Levante akhirnya jebol juga pada menit ke-62. Umpan sundulan Vidal, diselesaikan dengan jitu oleh Messi. Dengan tendangan kaki kiri, La Pulga membawa Barca unggul 1-0. (dc/int)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button