Bola

Ajax vs Tottenham: Misi Tak Mudah

FaseBerita.ID – Tottenham memiliki misi tak mudah untuk membalikkan skor agregate, ketika menghadapi tuan rumah Ajax Amsterdam di leg kedua semifinal Liga Champions di Johan Cruyff Arena, Kamis (9/5) dinihari.

Ajax memegang kendali dengan skor agregat 1-0, yang mereka dapatkan saat melawat ke London Utara. Tentu saja ini hasil yang sangat baik, untuk meniti harapan tembus final setelah hampir 20 tahun tidak merasakannya.

Namun begitu, Spurs masih memiliki kesempatan untuk bisa meraih kemenangan dan melenggang ke partai puncak. Skuat asuhan Mauricio Pochettino harus belajar dari rekor buruk sang tuan rumah Ajax.

Dalam fase gugur, tim berjuluk the Amsterdammers tak mampu meraih kemenangan di kandang. Kita tarik ke fase 16 besar, mereka kalah 1-2 lawan Real Madrid, kemudian di babak delapan besar bermain imbang 1-1 dengan Juventus.

Salah satu pemuda Ajax yang tampil impresif musim ini ada pada diri Frenkie de Jong. Gelandang bertahan yang dipastikan akan bergabung dengan Barcelona di musim panas nanti, mampu menjadi perusak permainan lawan dan penyeimbang permainan. Perannya begitu krusial bagi lini tengah Ajax, sehingga ketika mendapat serangan selalu akan ada de Jong di sana untuk mencegahnya. Dia menjadi momok Spurs di pertemuan pertama, yang kesulitan mencetak gol.

Di sisi lain, Spurs sendiri sepertinya memiliki masalah internal yang harus segera diselesaikan. Mereka kalah lagi di ajang Liga Inggris, yang membuat posisi mereka turun ke urutan keempat. Dalam kekalahan melawan Bournemouth, bahkan pemain andalan Son Heung-Min terkena kartu merah langsung dari wasit.

Beruntung Spurs hampir dipastikan aman di empat besar menyusul kegagalan Arsenal dan Manchester United meraih kemenangan. Ini bisa memberi pasukan Hugo Lloris ketenangan sekaligus fokus lebih tanpa terlalu memikirkan lagi laga pemungkas Liga Inggris.

Absen di leg pertama karena akumulasi kartu, seharusnya membuat tingkat kebugarannya dan konsentrasinya prima. Tapi Son bermain buruk melawan Bournemouth akhir pekan kemarin, sehingga mendapat kartu merah. Dia harus kembali fokus di pertandingan ini, karena hanya kepadanya lah serangan Spurs bertumpu. Penyerang asal Korea Selatan telah membuktikan di babak perempatfinal, ketika mencetak tiga gol ke gawang City.

Duo Ajax Tetap Puasa
Pada leg pertama babak semifinal leg pertama lalu, laga digelar saat masih belum memasuki bulan Ramadhan. Nah, leg kedua akan digelar saat sudah masuk bulan Ramadhan saat umat Muslim diwajibkan berpuasa.

Ada beberapa yang beragama Islam dalam empat tim yang berlaga di leg kedua semifinal Liga Champions. Tentu saja ini adalah situasi yang menarik. Apakah mereka akan tetap menjalankan ibadah puasa atau tidak ketika harus menjalani pertandingan penting.

Dua pemain muslim asal Ajax, Hakim Ziyech dan Noussair Mazraoui, sudah menyatakan bahwa mereka akan tetap puasa. Kedua pemain yang berasal dari Maroko tersebut selama ini jadi andalan di lini tengah Ajax.

Khusus untuk Ziyech, dia jadi salah satu penyumbang gol dan asisst paling banyak untuk Ajax. Pemain berusia 26 tahun tersebut telah mencetak 18 gol dan 13 assist di semua kompetisi untuk Ajax.

“Itu adalah tanggung jawab Ziyech dan Mazraoui jika mereka tetap berpuasa Ramadhan. Situasi Ajax sedang ekstrim dan semua orang menyadari. Mereka akan mengubah pola latihan dan diet yang sudah dijalani selama 11 bulan,” ucap pelatih fisik Ajax, Raymond Verheijen, dikutip dari Mirror. (sbc/bn/int)

Prakiraan Pemain
Ajax (4-3-3):
Andre Onana; Nicolas Tagliafico, Daley Blind, Matthijs de Ligt, Joel Veltman; Donny van de Beek, Frenkie de Jong, Lasse Schone; David Neres, Dusan Tadic, Hakim Ziyech.

Tottenham (3-4-2-1):
Hugo Lloris; Jan Vertonghen, Davinson Sanchez, Toby Alderweireld; Danny Rose, Victor Wanyama, Moussa Sissoko, Kieran Trippier; Dele Alli, Christian Eriksen; Son Heung-Min.