Bola

Ajax vs Juventus: Waspadalah Juve!

FaseBerita.ID – Juventus boleh jadi diunggulkan untuk bisa mengalahkan Ajax Amsterdam. Tapi, Si Nyonya Tua tak boleh anggap remeh karena Ajax sedang tajam-tajamnya musim ini.

Ajax akan lebih dulu menjamu Juve di leg pertama perempatfinal Liga Champions di Johan Cruyff ArenA, Kamis (11/4) dinihari sebelum gantian melawat ke Turin pekan depan.

Melihat kualitas tim, jelas Juve lebih diunggulkan. Terlebih Bianconeri bakal diperkuat Cristiano Ronaldo yang sempat absen dua pekan karena cedera. Ronaldo sendiri punya rekor bagus saat menghadapi juara empat kali Liga Champions tersebut.

Meski demikian, Juve tak boleh memandang sebelah mata Ajax yang sudah menyingkirkan juara bertahan Real Madrid di babak 16 besar. Meski kalah 1-2 di kandang sendiri, Ajacied menang telak 4-1 di Santiago Bernabeu.

Perpaduan para pemain muda yang tengah panas-panasnya seperti Frenkie De Jong, Mathijs De Ligt, Donny van den Beek, Andre Onana, Hakim Ziyech, David Neres plus pengalaman dari Daley Blind, Dusan Tadic, dan Klaas-Jan Huntelaar bisa jadi senjata mematikan untuk Ajax.

Belum lagi, Ajax baru saja menahbiskan diri sebagai tim tertajam di antara liga-liga top Eropa musim ini setelah kemenangan 4-1 atas Willem II Tilburg akhir pekan kemarin. Tambahan empat gol tersebut membuat Ajax sudah mengumpulkan 100 gol di Eredivisie musim ini.

Catatan yang bahkan belum bisa dicapai tim seperti Juve, Madrid, Manchester City, Bayern Munich, atau Barcelona sekalipun. Pesaing terdekat Ajax adalah PSG yang sudah bikin 89 gol.

Bagi Ajax, ini adalah kali ke-14 mereka mampu mencetak minimal 100 gol selama semusim di liga. Mereka unggul jauh atas PSV Eindhoven (4 kali), Feyenoord dan AZ Alkmaar (1 kali). Catatan gol tertinggi adalah Ajax dengan 122 gol pada musim 1966/1967.

Total 100 gol itu, seperlimanya dibuat Tadic (20 gol), lalu disusul Ziyech (15 gol), Huntelaar (11 gol), dan Kasper Dolberg (10 gol) sebagai empat pencetak gol terbanyak tim itu di liga.

Dengan liga menyisakan lima pekan lagi, bisakah Ajax yang kini memuncaki klasemen jadi juara dan menambah gol sebanyak-banyaknya? Atau bahkan menyingkirkan Juve?

Ronaldo Siap Main?

Pelatih Juventus Massimiliano Allegri memberikan isyarat Cristiano Ronaldo siap dimainkan untuk laga tandang melawan Ajax Amsterdam pada leg pertama perempat final Liga Champions 2018/2019 di Stadion Johan Cruyff Arena, 10 April.Ronaldo baru saja usai menjalani proses pemulihan sehingga masih absen di Liga Italia Serie A. Ronaldo mengalami cedera paha saat memperkuat timnas Portugal melawan Serbia di kualifikasi Piala Eropa 2020, 25 Maret lalu. Cedera itu membuat penyerang 34 tahun diprediksi menepi selama dua pekan.

“Ada sinyal bagus dari Cristiano Ronaldo jelang pertandingan melawan Ajax,” ucap Allegri usai laga Juventus lawan AC Milan dikutip dari AFP.

Tanpa kehadiran Ronaldo, Juventus masih mampu memetik kemenangan atas AC Milan 2-1. Allegri belum berani menurunkan pemain bintangnya itu pada laga menghadapi Milan karena belum pulih 100 persen.

Sebelumnya, Allegri sempat ragu bahwa mantan pemain Real Madrid itu bisa dimainkan pada laga melawan Ajax Amsterdam.

“Cristiano bekerja keras untuk pulih. Kami berharap dia siap untuk melawan Ajax, tetapi sepertinya itu akan sulit.”

“Hasil pemeriksaan hari ini jauh lebih baik, kondisi kakinya sudah lebih baik. Masih ada sembilan hari lagi, jadi kami masih punya waktu untuk mengevaluasinya,” ujar Allegri saat itu seperti dikutip dari Mirror.

Ronaldo sendiri juga sebelumnya bersikeras bakal tetap tampil melawan Ajax.

“Saya akan (bermain) melawan Ajax,” tegas Ronaldo seperti dikutip dari Calcio Mercato. (dc/bc/int)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button