Bola

7 Pesepakbola Terkaya yang Masih Merumput hingga Kini

FaseBerita.ID – Sepakbola bisa dibilang merupakan olahraga terbesar di dunia, tak ayal bila bintang dunia punya harta yang melimpah. Tak hanya persoalan gaji saja, mereka juga punya banyak penghasilan dari sumber lain. Itu semua termasuk sponsor, iklan, bisnis di luar olahraga, sampai hak gambar diri.

Bintang dunia layaknya Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi tentu saja punya penghasilan yang begitu melimpah. Tak kalah, bintang-bintang Liga Inggris, seperti Eden Hazard, Paul Pogba, Alexis Sanchez, Sergio Aguero, tentu juga punya pemasukan yang fantastis. Terlebih mereka berlaga di salah satu liga dunia paling ternama.

Tentu menarik untuk mengetahui yang terkaya di antara semua pesepak bola di dunia. Dilansir dari Celebrity Net Worth, berikut tujuh bintang sepak bola yang masih aktif dan terkaya di dunia.

7. Eden Hazard (78 juta poundsterling)

Sebagai pemain dengan bayaran termahal kedua di Chelsea, dengan gaji 10 juta pounds per tahun, total kekayaan Eden Hazard diperkirakan mencapai angka 78 juta pounds atau setara dengan Rp1,43 triliun. Tak mengejutkan sebenarnya, mengingat Hazard merupakan pemain terbaik kepunyaan ‘The Blues’.
Bintang asal Belgia ini juga terkenal dengan banyaknya pemasukan dari non-sepakbola. Menjadi tokoh iklan, dengan bayaran terbesar yaitu dari Nike, Hazard juga punya kerja sama dengan Sina Sports untuk memperluas bagian editorial, perusahaan mainan kartu koleksi Topps, dan Lotus Bakeries untuk mempromosikan merek biskuitnya, Biscoff.

6. Gareth Bale (110 juta euro)

Sejak kepergian Ronaldo, Gareth Bale yang mengumpulkan 405 ribu euro atau Rp6,7 miliar per pekannya menjadi pemain dengan bayaran tertinggi di Real Madrid. Selayaknya bintang lain, penghasilan Bale tak hanya dari gaji. Penyerang asal Wales tersebut juga mengumpulkan pundi-pundi uang dari iklan dan sebagainya.

Bale bisa mengeruk pendapatan dengan total sebesar 7,8 juta euro atau Rp130 miliar per tahun. Iklan sebagai bintang Adidas menjadi salah satu bayaran terbesar. Bale disponsori pula oleh perusahaan seperti Nissan, Konami, dan Foot Locker. Pemasukan dari Lucozade dan EA Sports pun tak kecil, membuat pendapatannya dari luar lapangan semakin besar.

5. Wayne Rooney (126 juta pounds)

Rooney boleh saja sudah tak bermain di kompetisi elite, tapi dirinya masih menjadi salah satu pesepakbola aktif terkaya di dunia. Usai menjadi legenda buat Manchester United dan Everton, Rooney memutuskan pindah ke Amerika pada musim panas 2018. Bermain untuk DC United, Rooney langsung menyabet penghargaan pemain terbaik tim.

Rooney digaji sebesar 250 ribu pounds atau Rp4,6 miliar per pekan di klub barunya, lebih besar dari saat membela Everton dengan bayaran 150 ribu pounds. Diperkirakan jumlah kekayaan mencapai 126 juta pounds atau Rp2,3 triliun, penghasilan Rooney tentu tak hanya dari sepak bola, dengan sponsor dari Nike saja sudah mencapai 1 juta pounds per tahun.

Dilansir dari majalah Forbes, Kini Rooney sudah 11 tahun beruntun masuk 10 besar pesepakbola terkaya di dunia.

4. Neymar (162 juta euro)

Menjadi pesepakbola paling ternama dari Brasil, tak mengejutkan bila Neymar menjadi pemain terkaya keempat di dunia. Diperkirakan jumlah kekayaannya saat ini menyentuh angka 162 juta euro atau setara dengan Rp2,67 triliun rupiah.

Pemain yang sempat memecahkan nilai transfer dunia dengan 222 juta euro, saat pindah dari Barcelona ke Paris Saint Germain, bayaran gaji Neymar tentu juga tak kalah menakjubkan. Dengan bayaran 36,8 juta euro per tahun, gajinya di PSG bahkan mengalahkan Cristiano Ronaldo.

Seperti kebanyakan pesepakbola, sumber pendapatan Neymar tak hanya datang dari gaji. Nike menjadi produk sponsor punya andil besar dengan kekayaan bintang berusia 26 tahun tersebut. Tak hanya itu, bayaran iklan Neymar juga datang dari McDonald’s, Beats by Dre dan Gillette, serta baru-baru ini dengan Red Bull.

3. Zlatan Ibrahimovic (150 juta pounds)

Selain mengolah kulit bundar, Ibrahimovic juga punya perusahaan apparel olahraga, yaitu A-Z Sportswear sejak tahun 2016. Sejak itu dirinya tak pernah lagi membintangi Nike. Walau begitu, usahanya tersebut justru membuatnya menjadi yang terkaya ketiga di dunia, dengan perkiraan total kekayaan sebesar 150 juta pounds atau 2,75 triliun rupiah.

Beberapa tahun belakangan, Ibra juga sempat disponsori merek dagang dunia, seperti Volvo, Vitamin Well, Microsoft Xbox dan Nivea. Gajinya di LA Galaxy memang menciut sampai 95 persennya dari kala membela Manchester United. Walau dengan 1,2 juta euro, dirinya tetap bisa bertahan sebagai salah satu yang terkaya di dunia.

2. Lionel Messi (350 juta euro)

Tentu saja mega bintang sepakbola, Lionel Messi masuk jajaran pemain terkaya di dunia. Kapten Timnas Argentina ini, diperkirakan punya total kekayaan sampai 350 juta euro atau setara Rp5,78 triliun. Gaji Messi di klub pun merupakan yang terbesar di dunia, dengan pendapatan 40 juta euro per musim.

Bersama Barcelona, La Pulga memperpanjang kontraknya pada tahun 2017 dan jumlah tersebut bisa saja menyusul capaian tertinggi sebagai pemain terkaya. Selain dari gaji Messi juga mengumpulkan total 35 juta euro tiap tahunnya dari iklan, di antaranya Adidas, Gatorade, Pepsi, Ooredoo, Huawei, dan Hawkers.

Dengan penghasilan tersebut, Forbes menempatkan Messi di urutan kedua pada kategori selebriti dengan pendapatan terbesar pada tahun 2016.

1. Cristiano Ronaldo (400 juta euro)

Menyisakan satu nama, tentu saja Cristiano Ronaldo merupakan pesepakbola terkaya sejagat. Selalu tampil selayaknya juara di lapangan, Ronaldo dinilai sebagai salah satu atlet paling ternama di dunia. Tak khayal bila kekayaannya menyentuh angka 400 juta euro atau setara dengan Rp6,61 triliun.

Bursa transfer musim panas kemarin, Ronaldo memutuskan hengkang dari Real Madrid, usai 9 tahun berkarier sebagai punggawa Santiago Bernabeu. Bersama tim barunya Juventus, Ronaldo digaji dengan nilai fantastis, yaitu 30 juta euro per musimnya.

Capaian tersebut memang tak membuat Ronaldo jadi pemain dengan bayaran tertinggi, tapi yang membedakan dengan pemain lain adalah kekuatan menarik sponsor di media sosial. Karena itu, sponsor berani membayar angka yang besar demi bisa muncul di unggahan akun media sosialnya.

Nike menggaet Ronaldo sebagai bintang utama mereknya. Apparel asal Amerika Serikat tersebut bahkan sampai memberi kontrak seumur hidup sebesar 1 triliun dolar amerika kepada kapten Timnas Portugal itu, tak pernah terjadi sebelumnya kepada pemain lain. (kum/int)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close