Berita

Workshop Patunggung Adat Simalungun Digelar di USI

FaseBerita.ID – Workshop Patunggung Adat Simalungun Penyusunan dan penyempurnaan buku adat Simalungun diadakan di Aula Pascasarjana USI, Kamis (5/11).

Ketua Panitia Dr. Hisarma Saragih mengungkapkan, Workshop Patunggung Adat Simalungun membahas penyusunan dan penyempurnaan adat Simalungun ini telah menempuh jalan yang panjang.

“Saya katakan panjang karena proposal disusun sejak bulan Desember 2019. Proposal semula adalah penyelenggaraan seminar sehari dengan Thema Patunggung Adat Simalungun pembukaan dan pembakuan adat Simalungun,”katanya.

Kegiatan pembuatan proposal ini adalah kerjasama antara Yayasan Museum Simalungun di Pematangsiantar, Yayasan Sauhur di Medan dan Universitas Simalungun.

Adapun peserta Workshop terbatas lantaran pendemi Covid-19, maka diadakan seminar sehari namun tidak mengurangi produk dan kuantitas.

Peserta Work shop dan nara sumber menyusun dan menyempurnakan adat Simalungun, selain guna penyempurnaan warisan historis Simalungun dan Rumah Bolon Pematang Purba, dan sejarah Raja Marpitu.

“Arti Patunggung Adat Simalungun sebagaimana dalam seminar ditambahkan tiga judul buku, Peradaban Simalungun, Uhur Simalungun dan Kamus Simalungun,” kata Hisarma.

Sementara Rektor USI Dr Corry Purba mengucapkan terimakasih kepada panitia dan peserta work shop serta berharap dengan adanya kegiatan worshop Patunggung Adat Simalungun, kiranya menghasilkan sebuah buku yang menjadi panduan.
“Mari sama sama untuk membangun kebudayaan,” terangnya.

Edy Gibson Sumbayak didampingi oleh Janmerinson Sumbayak sebagai moderator, menerangkan, bagi generasi Simalungun sudah sulit mengetahui tentang Tatang Atur Adat Simalungun.

“Inilah menjadi langkah untuk kita ke depan mengembangkan seminar tentang kebudayaan Simalungun. Adat Simalungun sekarang sudah mulai pudar, kadang asal ada saja. Bahkan sudah tercampur dengan budaya lain sehingga bisa tidak sempurna lagi,”katanya.

Turut hadir dalam acara tersebut Drs Djomen Purba Ketua Yayasan Museum Simalungun, Ketua Yayasan Simalungun Sauhur Drs Kimmer Damanik, dan Ir Amsar Saragih sebagai Pengurus Yayasan USI. (ros/fi)

iklan usi



Back to top button