Berita

Wisuda UNA Angkatan XXIV: Anak Nelayan Peraih IPK Tertinggi

KISARAN, FaseBerita.ID – Pada prosesi wisuda sarjana angkatan ke XXIV tahun 2019 kemarin, Nilfa Sari, Mahasiswi program studi teknik informatika Fakultas Teknik Universitas Asahan (UNA) ini meraih prestasi membanggakan dengan meraih Indeks Prestasi Komulatif (IPK) tertinggi 3,83 dengan predikat Cumlaude (Dengan Pujian) dari semua wisudawan.

Siapa sangka, putri ke lima dari tujuh bersaudara dari pasangan suami istri Dahman dan Robitokh ini merupakan anak nelayan yang tinggal di Dusun IV Sei Serindan, Kecamatan Sei Kepayang Barat, Kabupaten Asahan dan sempat terseok-seok di awal perjuangannya masuk perguan tinggi dan pada akhirnya menjadi lulusan terbaik.

“Dari dulu ayah sama mamak selalu mendukung kami anak anaknya untuk bisa sekolah sampai kuliah. Walaupun kami tau perjuangan mereka itu dengan susah payah mengantarkan kami supaya bisa sekolah sampai sarjana,” ujar Nilfa saat berbincang bersama Metro Asahan, Kamis (11/4).

Dia sadar, kondisi ekonomi orang tuanya itu. Maka, setiba wanita kelahiran 8 Oktober 1994 ini lulus dari SMK ia tak langsung berkuliah dan memilih mengajar les privat di Tanjungbalai selama delapan bulan. Padahal waktu itu pihak sekolah (SMK) sudah mendaftarkannya di Poltek Medan. Nilfa lulus menerima bea siswa bidik misi.

“Saya sempat sedih juga waktu itu. Disaat banyak orang yang mengincar bea siswa dan saya mendapatkannya malah saya tolak. Saya tak punya modal untuk berangkat ke Medan menanggung biaya hidup di sana meski biaya kuliah sudah ditanggung lewat bea siswa,” ujarnya mengenang masa lalu.



Pascasarjana

Unefa
1 2Laman berikutnya
Back to top button