Berita

WD-BISA Programkan Layanan Administrasi di Kecamatan

Jarak ke Ibukota Terlalu Jauh

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID-Bakal calon bupati Simalungun Irjen Pol (P) St Drs M Wagner Damanik MAP yang berpasangan bakal wakil bupati Abidinsyah Saragih pada Pilkada 2020 mendatang, memiliki program mensederhanakan pelayanan administrasi dalam bidang waktu dan jarak.

Setelah mengelilingi Kabupaten Simalungun untuk ‘menjemput’ data masalah yang dihadapi warga di berbagai kecamatan, ternyata pelayanan bidang administrasi semisal pengurusan KTP, KK, Akte, IMB, dan masalah administrasi lain-lainnya yang masih dilakukan di kantor di ibukota kabupaten, memberatkan masyarakat.

Pelayanan harus dilaksanakan dekat dengan domisili masyarakat, minimal di kantor kecamatan masing-masing. Sebab ibukota kabupaten yang berada di Raya, secara jarak, sangat jauh dari kebanyakan domisili warga. Sehingga membutuhkan waktu hampir setengah hari, hanya untuk perjalanan pergi dan pulang.

“Program WD-BISA ke depan, jika dipercaya menjadi Parhobas Simalungun, yakni mendekatkan pelayanan administrasi sesuai wilayah kecamatan. Sehingga jarak tempuh lebih dekat, dan tentunya biayanya akan lebih hemat,” kata Wagner Damanik, saat menyapa masyarakat di Nagori Perdagangan II, Kecamatan Bandar, Selasa (11/8/2020).

Dijelaskan WD, sebutan akrab Wagner Damanik, program KTP keliling (mobile) berjadwal di setiap keramaian (pekan – pekan) juga perlu dilakukan. Sehingga masyarakat nagori yang berada di pekan, saat menjual hasil bumi dapat menyempatkan diri mengurus administrasi diri. Hal seperti ini sudah dilakukan POLRI, berupa program SIM keliling guna memudahkan pelayanan.(rel/fi)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button