HUT RI
Berita

Wartawan Siantar Periksa Covid-19

FaseBerita.ID – Ikut mencegah wabah virus COVID-19 menyebar di kota Pematangsiantar, beberapa wartawan melakukan pengecekan di Puskesmas Raya, Jalan Raya Kelurahan Timbang Galung Kecamatan Siantar Barat, Senin(23/3).

Beberapa wartawan melakukan pemeriksaan awal yaitu pengecekan suhu tubuh yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya pengecekan kesehatan agar virus COVID-19 ini tidak masuk dan menyebar di Siantar.

Salah seorang wartawan mengajak masyarakat agar setiap masyarakat yang bepergian ke luar daerah maupun yang baru datang dari luar daerah agar segera melakukan pemeriksaan ke puskesmas terdekat. Agar bisa dipantau dan diperiksa kesehatan.

Jamil Damanik selaku Kapus Raya saat di wawancarai media ini tentang kesiapan Puskesmas Raya dalam pencegahan penyebaran virus COVID-19 di Siantar mengatakan, sampai saat ini sudah ada beberapa masyarakat yang datang untuk diperiksa.

“Kita kan tidak bisa mengontrol semua masyarakat siapa saja yang baru datang dari luar daerah. Yang kita harapkan kepada masyarakat agar ada kesadaran diri bagi siapa yang baru datang dari luar daerah agar segera ke puskesmas. Dan kita juga dari puskesmas suda lakukan sosialisasi ke rumah-rumah penduduk yang baru datang dari luar daerah untuk melakukan pemeriksaan selama 14 hari,” ujarnya.

Jamil juga menjelaskan untuk peralatan saat ini di puskesmas untuk pemeriksaan awal sudah lengkap seperti pengukur suhu tubuh. Karena untuk pengecekan pertama hanya itu kalau memang ada masyarakat yang di periksa suhu tubuh nya mencurigai akan langsung di rujuk ke rumah sakit.

“Puji Tuhan sampai hari ini tidak ada, dan semoga memang tidak ada. Saya meminta kepada masyarakat agar melakukan pola hidup sehat dan seperti rajin mencuci tangan, hindari tempat keramaian dan makan makanan yang bergizi. Kita juga meminta kepada masyarakat agar kalau ada keluarga yang demam, batuk dan sesak napas agar segera datang ke puskesmas terdekat,” katanya. (mag04)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button