Berita

Warga Keluhkan Bau Busuk dari Tumpukan Sampah

RANTAUPRAPAT, FaseBerita.ID – Warga mengeluhkan sampah yang menumpuk di pinggir jalan pintas Balai Desa dan Padang Bulan, Kelurahan Padang Bulan, Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Rantauprapat, hingga memakan badan jalan. Tak hanya itu, sampah tersebut telah mengeluarkan aroma bau busuk.

Suratman warga setempat kepada wartawan, Selasa (26/3) mengatakan, lokasi tumpukan sampah ini sudah 4 tahun terakhir menjadi tempat pembuangan sampah liar bagi warga yang tidak bertanggung jawab.

“Beginilah kondisi sampah liar di Jalan Balai Desa,  sudah hampir empat tahun terakhir lokasi ini menjadi tempat pembuangan sampah liar bagi warga yang tidak bertanggung jawab sehingga membuat warga di sekitar lokasi tempat pembuangan sampah menjadi resah akan aroma bau busuk yang ditimbulkan dari tumpukan sampah ini,” ujarnya.

Baca: Rumah Tua jadi Gudang Sampah

Dikatakannya, warga sekitar lokasi pembuangan sampah sudah berulangkali melakukan upaya agar tempat itu tak lagi dijadikan pembuangan sampah.

“Namun setelah dilakukan pembersihan bersama pihak lingkungan dan kelurahan setempat, sampah ini pun kembali menumpuk. Hal ini dikarenakan warga yang tidak bertanggung jawab kerap kali melakukan pembuangan sampah pada malam hari,” sebutnya.

Menanggapi adanya keluhan warga terkait sampah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Labuhanbatu Kamal Ilham menjelaskan, pihaknya sudah lama mengetahui akan hal ini dan akan secepatnya melakukan koordinasi dengan kelurahan untuk melakukan gotong-royong, bersama membersihkan sampah tersebut.

Sementara, mengenai sangsi terkait sampah ini, Pemkab sendiri sudah membuat peraturan daerah yang tertuang dalam Perda Nomor 8 Tahun 2017  yakni apabila masyarakat kedapatan membuang sampah sembarangan akan dikenakan denda sebesar lima puluh juta rupiah, atau akan menjalani hukuman kurungan selama enam bulan penjara.

Namun hingga saat ini, pihak Pemkab belum melakukan sangsi tersebut  dan hanya memberikan kesadaran dan pembinaan agar masyarakat ke depan tidak lagi membuang sampah sembarangan. (zas/ahu)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button