Berita

Warga Jalan Husni Thamrin Kesulitan Dapat Air Bersih

TANJUNGBALAI, FaseBerita.ID – Warga Jalan Husni Thamrin, Kelurahan Pahang, Kecamatan Datuk Bandar LK V, Kota Tanjungbalai, kesulitan mendapat air bersih sehingga menggunakan pipa manual mencari mata air ke dalam tanah. Kondisi ini sudah setahun dialami warga yang terpaksa menggali tanah secara manual hingga kedalaman 10 meter.

Kesulitan warga mendapat air bersih semenjak tidak berfungsinya sumur bor PDAM Tirta Kualo di Jalan Husni Thamrin sebelah kiri, yang jaraknya tidak jauh dari pemukiman warga.

Masyarakat disana bermohon kepada Pemerintah Kota Tanjungbalai untuk menegur PDAM Tirta Kualo Kota Tanjungbalai, agar secepatnya memperbaikinya sehingga pendistribusian air bersih ke rumah warga lancar hingga menghadapi bulan puasa nantinya.

Karena, program Pemko Tanjungbalai adalah mewujudkan Tanjungbalai yang religius dan berkarakter sesuai dengan visi misinya “Bersih, Berprestasi, Religius, Sejahtera, Indah, dan Harmonis”.

“Terpaksa kami menggali mencari mata air secara manual, terkadang jernih dan tekadang berpasir. Tolonglah kami dipedulikan, karena airlah yang memudahkan kami untuk keperluan rumah tangga anak dan istri. Sebelumnya, beberapa tahun yang lalu, air kami disubsidi dari sumur bor PDAM Tirta Kualo di Jalan Husni Thamrin, yang disalurkan melalui pipa. Sekarang sudah setahun belakangan ini sumur bornya rusak,” beber Poniman (50) warga Jalan Husni Thamrin.

Hal senada juga dikeluhkan Mardiati (28) dan Lela (30) warga lainnya. “Mohonlah kami diperhatikan dan dipedulikan, biar kami bisa melakukan pekerjaan rumah tangga memasak nasi dan air,” ungkap Mardiati diamini Lela. Kasubbag PDAM Tirta Kualo Mahginta Lubis ketika ditemui wartawan mengatakan, pihaknya menunggu keputusan dan arahan dari Dirut.

“Mesinnya itu sudah rusak, sudah kami bawa dan telah kami perbaiki. Lubang sumur yang lama itupun sudah berlumpur, dan akan kami upayakan penggalian baru supaya airnya bersih sehingga pendibustrian kepada masyarakat akan lebih bagus lagi dalam waktu dekat ini,” sebutnya. (ck-01/ahu)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button