Berita

Warga Hutabarangan Ditangkap Polisi Sibolga: 40 Paket Ganja Disita

FaseBerita.ID – Polisi menangkap seorang pria dari jalan Dolok Tolong Gang Partempoan Kelurahan Huta Barangan, Jumat (21/2) sekira pukul 00.30 WIB dini hari. Dari tangan proa berinisial HP alis S alis BJ (29) tersebut, ditemukan barang bukti berupa ganja sebanyak 40 paket.

Menurut Kapolres Sibolga AKBP Triyadi melalui Kasubbag Humas Iptu Ramadhansyah Sormin, penangkapan HP bermula dari informasi masyarakat. Dan penggeledahan rumah pelaku disaksikan oleh Kepling setempat.

“Kasat Narkoba AKP Rudi HUJ Sitorus kemudian memerintahkan KBO Narkoba Iptu Penedy Sihotang untuk melakukan lidik dan pendalaman atas info tersebut. Ternyata benar, kita berhasil mengamankan pelaku saat tidur di rumahnya. Awalnya, kita tidak menemukan narkoba dari tangan pelaku. Setelah dilakukan penggeledahan terhadap rumahnya, di dalam kamar pada lemari pakaian, ditemukan dalam plastik warna kuning daun ganja. Setelah dihitung jumlahnya 40 bungkus,” kata Sormin, Jumat (28/2).

Dari hasil tes, urine ayah dua anak tersebut positif mengandung marijuana. Kepada penyidik, pelaku mengaku kalau barang haram tersebut diperoleh dari seseorang di daerah Pasar Belakang. “Dari seorang laki-laki, identitasnya telah dikantongi, Minggu (16/2) di Gang Pancing Pasar Belakang, sebanyak 1 ons atau 1 garis dengan harga Rp250.000,” ungkapnya.

Kemudian, ganja dibawa ke daerah Sibolga Julu, tepatnya di Lobu. Pelaku lalu memaketi ganja tersebut menjadi 55 paket untuk diedarkan kembali. “Telah laku terjual sebanyak 10 bungkus di Lobu seharga Rp10.000 perbungkus dan 5 bungkus dikonsumsi sendiri. Setelah itu, dia kembali ke rumah. Ganja disimpan dilemari pakaian anaknya,” terang Sormin.

Uang keuntungan menjual ganja telah habis digunakan untuk biaya hidup pelaku dan keluarganya.

Dari hasil pemeriksaan, Polisi akhirnya menetapkannya sebagai tersangka dan ditahan di RTP Polres Sibolga.

Kepadanya dikenakan pasal 114 ayat 1 Subsider pasal 111 ayat 1 dari Undang-undang RI nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun. (ts)

Universitas Simalungun  
Tags

Berita lainnya

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close