HUT RI
Berita

Warga di Sibolga Tolak Bazar di Pelabuhan Lama

FaseBerita.ID – Warga Kelurahan Kota Beringin, Kecamatan Sibolga Kota, terutama Lingkungan I menolak keras pelaksanaan bazar di kompleks Pelabuhan Lama yang rencananya dilaksanakan mulai 7 Juli hingga 7 Agustus 2020.

Penolakan keras ini disampaikan perwakilan warga Lingkungan I, di antaranya Infus Hutapea, M Silitonga, Robbi Harahap, Parlin Simatupang, Ma Ecca br Simatupang, L br Siahaan dan A br Hutabarat, Kamis (2/7) malam di Lingkungan I, Kelurahan Kota Beringin. Mereka beralasan penolakan itu demi kepentingan masyarakat di masa pandemi Covid 19 yang bisa saja sangat berbahaya bagi kesehatan warga.

“Atas dasar apa izin bazar tersebut dikeluarkan? Sementara kegiatan lain seperti pesta pernikahan, kemalangan justru dibatasi,” jelas Infus.

Bahkan, kata M Situmeang menambahkan, mereka sangat cemas kepada para pedagang yang datang dari luar provinsi, terutama Sumatera Barat, Riau dan Jambi. Dikhawatirkan para pedagang ini bisa membawa virus corona ke warga Kota Sibolga.

“Kita meminta Walikota Sibolga agar mengaktifkan sekolah yang ada di seluruh Kota Sibolga, mengingat pedagang bazar dibolehkan masuk ke Sibolga,” tegasnya diaminkan Parulian Sihombing.

Dirinya menduga oknum pemberi izin bazaar itu telah melanggar aturan protokol kesehatan penanggulangan Covid 19 dengan adanya para pedagang di bazar yang rencananya dimulai 7 juli. “Ada apa ini? Kenapa bisa ada izin bazar di masa pandemi Covid 19,” imbuh Robbi Harahap.

Mereka berharap Walikota dan Polres Sibolga tidak memberikan izin pelaksanaan bazar di Pelabuhan Lama itu.

“Untuk saat ini saja, jika ada keluarga, bahkan anak yang baru masuk ke Sibolga harus menjalani isolasi selama 14 hari. Sementara justru para pedagang dari luar provinsi bisa diberikan izin untuk pelaksanaan bazar di Pelabuhan Lama,” terang mereka.

Terkait informasi akan diadakannya bazar atau pasar dadakan di tengah Pandemi Covid-19 saat ini, Camat Sibolga Kota Mardi Tanjung didampingi Babhinkamtibmas langsung menyambangi Pelabuhan Lama yang rencananya akan dijadikan lokasi pelaksanaan Bazar, Jumat (3/6).

Di Pelabuhan Lama, rombongan camat menemukan beberapa pedagang asal Sumatera Barat (Sumbar) yang telah tiba sejak beberapa hari yang lalu.

Pantauan, para pedagang tersebut kemudian di periksa suhu tubuhnya oleh petugas kesehatan. Untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

Dalam keterangannya kepada wartawan, Mardi menegaskan bazar yang direncanakan akan mulai dibuka, Sabtu (4/6) itu tidak dapat digelar di tengah Pandemi Covid-19 saat ini.

Dan pihak Kecamatan selanjutnya akan berkoordinasi dengan pihak Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Sibolga sebagai pemilik aset Pelabuhan Lama. “Kita akan berkordinasi dengan bapak kepala Dinas Pariwisata. Dalam suasana penyebaran virus Corona saat ini, belum memungkinkan untuk digelar bazar,” kata Mardi diamini Babhinkamtibmas.

Terkait izin yang informasinya telah diberikan, mantan Lurah Pasar Belakang ini membantahnya. “Kalau masalah izin, tidak ada kita keluarkan,” tegasnya.

Tak hanya itu, Mardi juga menambahkan, pihaknya akan mengarahkan para pedagang yang telah tiba di Pelabuhan Lama agar segera kembali ke daerahnya masing-masing. “Wilayah pelabuhan lama adalah tempat pariwisata. Saya tadi sudah berkoordinasi dengan Kepala Dinas Pariwisata agar bazar ditunda dulu dan Dinas Pariwisata akan berkoordinasi dengan Satpol PP. Para pedagang ini, akan kita suruh pulang,” pungkasnya.

Terpisah, Kadis Parpora Kota Sibolga Yahya Hutabarat yang dikonfirmasi via telepon selularnya juga membantah telah memberi izin kepada pengelola Bazar. “Kami sudah surati Satpol PP mengamankan. Gak bisa bazar di Pelabuhan Lama. Apalagi ini lagi pandemi corona. Memang kita zona hijau dan itu yang kita pertahankan. Apalagi, kalau ada pedagang yang datang dari zona merah. Gak ada itu, karena itu (Pelabuhan Lama) kewenangan Dispora,” tegas Yahya.

Sedangkan Kapolres Sibolga yang dikonfirmasi New Tapanuli melalui Kasubag Humas Iptu R Sormin juga membantah tentang adanya izin untuk pelaksanaan bazar di Pelabuhan Lama Sibolga. “Polres Sibolga belum ada mengeluarkan izin pelaksanaan bazar di Pelabuhan Lama,” katanya. (mis/ts)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button