Berita

Warga Desa Perbangunan Blokade Jalan Desak Kades Terpilih Dilantik

FaseBerita.ID – Ratusan warga masyarakat Desa Perbangunan, Kecamatan Sei Kepayang, Kabupaten Asahan kembali mendatangi Kantor Bupati Asahan, Senin (16/3). Seperti dalam dua aksi sebelumnya masyarakat meminta agar kepala desa terpilih Arinton Sihotang segera dilantik.

Panas terik matahari tidak menghalangi peserta aksi untuk hadir menyampaikan aspirasi. Bahkan Jalan Jenderal Ahmad Yani Kisaran ditutup oleh kepolisian dan pengendara harus memutar karena masa aktif memblokade jalan di depan kantor Bupati Asahan.

Sebelumnya tuntutan masyarakat pembangunan ini bermula saat pemilihan kepala desa pada bulan Desember 2019 lalu di mana Arinton Sihotang pemenang hasil suara Pilkades terbanyak yang meraih 754 suara dibatalkan, karena adanya tuntutan sengketa Pilkades oleh rivalnya.

Sebelumnya massa aksi sudah melakukan aksi unjuk rasa ke kantor DPRD Asahan dan hasilnya dewan mengeluarkan rekomendasi dalam rapat dengar pendapat di komisi A diantaranya meminta kepada Bupati Asahan H Surya agar mengubah SK Pemdes terkait pembatalan pelantikan kades terpilih Arinton Sihotang.

“Namun rekomendasi dalam rapat dengar pendapat di DPRD Asahan itu tak juga terealisasi. Kepala Desa terpilih kami tidak juga dilantik kata “Atong Sigalingging kordinator aksi.

Menurut Atong, desakan DPRD Asahan tidak diperdulikan oleh Bupati dan terkesan arogan sebagai kepala daerah. Oleh karena itu mereka datang langsung dari desa tempat tinggalnya ke kantor bupati Asahan untuk segera mencabut SK Nomor 16-2-Pemdes tahun 2020 tanggal 7 Februari 2020.

“Dalam hal ini masyarakat juga mendukung DPRD Asahan mengajukan hak interpelasi kepada pemerintah,” katanya.

Sebelumnya, masa aksi sempat melakukan unjukrasa di depan kantor DPRD Asahan bertepatan dengan paripurna istimewa dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Asahan. Disana masyarakat sempat memblokade jalan dan mengakibatkan kemacetan di ruas jalan. Hingga berita ini ditulis, ratusan masyarakat desa perbangunan Kabupaten Asahan masih bertahan melakukan aksi unjukrasa dan masih mengharapkan bertemu dengan Bupati H Surya. (per/rah)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button